Waspada! Ada Pesan Berbahaya yang Bisa Buat WhatsApp Crash


Selasa, 08 September 2020 - 07:49:22 WIB
Waspada! Ada Pesan Berbahaya yang Bisa Buat WhatsApp Crash ilustrasi WhatsApp

HARIANHALUAN.COM - Pengguna WhatsApp waspadalah sebab ditemukan sebuah pesan berisi karakter aneh pembawa crach code yang bila diterima membuat aplikasi WhatsApp di Android dan iPhone tidak bisa dibuka alias crash. Pesan berisi karakter aneh ini dibagikan di forum online dan diungkap oleh WABetaInfo. Selain melalui pesan teks, vCard (virtual contact card) bisa jadi medium penyebar crash code ini.

Bila dibaca, pesan aneh tersebut sebenarnya tidak masuk akal, tapi WhatsApp mungkin menafsirkan pesan tersebut secara salah. Terkadang WhatsApp juga tak me-render pesan secara total karena strukturnya yang aneh sehingga WhatsApp menjadi tak bisa dibuka. Pakar privasi digital ProPrivacy Ray Walsh mengatakan fenomena tersebut sangat memprihatinkan karena banyaknya orang yang menggunakan WhatsApp secara global, sekitar 1,5 miliar.

"Setelah pesan diterima, aplikasi akan crash, dan bahkan menutup dan membuka kembali aplikasi tidak akan memperbaiki masalah. Tampaknya Serangkaian pesan bom teks ini berasal dari Brasil, namun sekarang menyebar secara global," ujar Ray Walsh seperti dikutip dari Techradar, Selasa (8/9/2020).

Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk membantu melindungi diri Anda dari kode merusak ini. Caranya dengan batasi siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup chatting karena ini akan membantu mengurangi risiko terekspos ke orang asing yang mungkin berbagi pesan atau vCard berbahaya. Caranya, buka pengaturan (setting) WhatsApp, buka bagian 'Privasi' dan ubah pengaturan 'Grup' sehingga hanya kontak kamu yang dapat menambahkan ke grup.

Ray Walsh menyarankan siapa pun yang kurang beruntung menerima pesan kode crash untuk masuk ke akun mereka di WhatsApp versi berbasis web, memblokir orang yang mengirim pesan, dan kemudian menghapusnya. Kabar baiknya WhatsApp sudah mengetahui mengenai pesan berbahaya ini dan segera bertindak untuk memastikan pengguna tetap nyaman menggunakan aplikasi chatting ini.

"WhatsApp telah merilis dan sudah mulai meluncurkan tambalan yang membahas hal ini dalam update perangkat lunak iOS terbaru. Aplikasi WhatsApp dan sistem operasi seluler selalu diperbarui dan download update kapan pun tersedia." (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]