Gempa 5,0 Skala Richter Kembali Guncang Mentawai


Selasa, 08 September 2020 - 13:22:51 WIB
Gempa 5,0 Skala Richter Kembali Guncang Mentawai Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Gempa berkekuatan 5,0 Skala Richter kembali mengguncang kepulauan Mentawai, Selasa (08/09) sekira pukul 11:37:05 Wib, berada di posisi 0,93 Lintang Selatan dan 98,62 Bujur Timur dengan kedalaman 11 Km tidak berpotensi tsunami. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai Amir Ahmari kepada haluan.com saat dikonfirmasi melalui whatsapp pribadinya, Selasa (08/09) mengatakan pihaknya belum mendapatkan informasi adanya kerusakan akibat gempa tersebut. 

"Sejauh ini kita mendapatkan informasi dari Satgas kita yang ada di Siberut barat sebagai lokasi terdekat terjadinya gempa melalui whatsapp grup tidak ada kerusakan, namun saat terjadi gempa warga keluar rumah dan sebagian warga langsung mengungsi ke tempat yang aman," tuturnya. 

Sementara itu Moerdani (32), warga Siberut Barat, saat dikonfirmasi melalui whatsapp pribadinya juga mengatakan bahwa pihaknya merasakan goncangan cukup kuat, namun sejauh ini kata dia belum terpantau ada rumah atau bangunan yang rusak akibat gempa.

"Sebagian warga langsung mengungsi ke tempat aman setelah gempa, sebagian lagi yang mendapatkan rilis resmi BMKG melalui whatsapp grup tidak ikut mengungsi karena status gempa tidak berpotensi tsunami, " pungkasnya. 

Sementara itu Nobel (35), warga Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara nyaris tidak merasakan goncangan, bahkan kata dia banyak yang tidak tahu bahwa telah terjadi gempa.

"Goncangan gempa tidak terasa di sini dan bahkan banyak yang tidak tahu, mungkin karena lokasi gempa cukup jauh, sehingga goncangannya tidak terasa, " terangnya kepada haluan.com melalui whatsapp pribadinya.

Amir Ahmari menghimbau kepada seluruh masyarakat Mentawai untuk tetap waspada dan siaga, hal itu untuk meminimalisir dampak resiko yang terjadi akibat gempa. 

" Kepada warga masyarakat dihimbau selalu waspada dan siaga, jika sewaktu-waktu terjadi gempa dan segera lakukan evakuasi mandiri. Kemudian kepada bapak-bapak khususnya yang kuat, bisa memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita seperti ibu hamil, anak kecil, orang sakit dan orang cacat," tutupnya.(*)

Reporter : Redi /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]