Waspadai Happy Hypoxia COVID-19 yang Bisa Bikin Tumbang Mendadak


Selasa, 08 September 2020 - 17:35:35 WIB
Waspadai Happy Hypoxia COVID-19 yang Bisa Bikin Tumbang Mendadak Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Happy hypoxia menjadi gejala virus Corona COVID-19 yang cukup ramai diperbincangkan. Pasalnya, gejala Corona kekurangan kadar oksigen ini sulit dideteksi karena tidak menunjukkan gejala seperti sesak napas.

Prof Menaldi Rasmin, Dewan Penasehat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai gejala ini. Ia mencontohkannya dengan video yang sempat viral ketika seseorang tiba-tiba jatuh di jalanan. Menurutnya, kemungkinan hal itu adalah happy hypoxia.

Maka dari itu, Prof Menaldi dengan tegas mengingatkan untuk tidak menganggap diri sendiri sehat karena tidak bergejala saat dinyatakan positif COVID-19. Ada kondisi yang perlu diperhatikan.

"OTG tapi batuknya menetap, mulailah berpikir dan bergerak ke RS apakah paru-paru saya ikut terlibat. Jangan pernah menganggap diri saya sehat jangan pernah menganggap diri saya tidak bergejala kalau ada batuk yang menetap cepat pertimbangkan," lanjutnya dalam konferensi pers PDPI, Selasa (8/9/2020).

Prof Menaldi juga ikut menyoroti penggunaan pulse oximeter untuk mendeteksi dini gejala happy hypoxia. "Sebetulnya kalau setiap orang memiliki pulse oximeter bagus sekali ini berarti tingkat pemahaman masyarakat sudah lebih tinggi," pungkasnya.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 26 Agustus 2020 - 20:57:30 WIB

    Waspadai Happy Hypoxia Syndrome, Gejala Tersembunyi pada Covid-19

    Waspadai Happy Hypoxia Syndrome, Gejala Tersembunyi pada Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Salah satu gejala Covid-19 bisa berupa Sesak napas. Namun, sebuah studi menemukan, pasien yang dinyatakan positif Covid-19 bisa mengalami happy hypoxia syndrome. Nama terakhir merupakan kondisi saat seseora.
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 20:55:20 WIB

    Waspadai Tanda-Tanda Penuaan Dini, Ternyata Bukan Hanya Muncul Kerutan

    Waspadai Tanda-Tanda Penuaan Dini, Ternyata Bukan Hanya Muncul Kerutan HARIANHALUAN.COM - Terkadang kita abai dengan tanda-tanda penuaan dini yang terjadi pada kulit, dan baru sadar saat sudah begitu terlihat. Seseorang dikatakan mengalami penuaan dini apabila dia terlihat lebih tua daripada usi.
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 06:38:32 WIB

    Tak Hanya Covid-19, Gugus Tugas Minta Masyarakat Waspadai Wabah DBD

    Tak Hanya Covid-19, Gugus Tugas Minta Masyarakat Waspadai Wabah DBD HARIANHALUAN.COM - Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengingatkan bahaya peningkatan kasus demam berdarah dengue (DBD) di masa pandemi Covid-19. Apalagi belakangan kasus demam berdar.
  • Kamis, 18 Juni 2020 - 10:08:48 WIB

    Waspadai, Kurang Tidur Dapat Picu Penyakit Jantung

    Waspadai, Kurang Tidur Dapat Picu Penyakit Jantung HARIANHALUAN.COM - Tidur yang terganggu bisa membuat frustasi, karena kita merasa lelah keesokan harinya. Namun, terjaga sepanjang malam pun dapat memiliki efek lebih serius dari sekadar kelelahan..
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 18:23:14 WIB

    WHO: Waspadai Puncak Kedua Pandemi Corona yang Lebih Bahaya

    WHO: Waspadai Puncak Kedua Pandemi Corona yang Lebih Bahaya HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mewanti-wanti daerah dengan kasus infeksi virus corona menurun masih bisa menghadapi puncak kedua pandemi Covid-19 jika abai pada tindakan konkret pencegahan wabah. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]