Satu Dokter Positif Covid-19, RSUD Lubuksikaping Terancam Ditutup


Selasa, 08 September 2020 - 17:47:55 WIB
Satu Dokter Positif Covid-19, RSUD Lubuksikaping Terancam Ditutup Direktur RSUD Lubuksikaping, dr Yong Marzuhaili ikut mendampingi penjemputan dokter terkonfirmasi terinfeksi positif Covid-19 dikontrakannya. (istimewa)

HARIANHALUAN.COM - Pelayanan di RSUD Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman, terancam ditutup, setelah salah seorang dokternya dinyatakan positif terjangkit virus corona (Covid-19), Selasa (8/9/2020).

Dokter tersebut merupakan dokter umum jaga di Intalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit itu. Dokter ini diduga terinfeksi setelah pulang dari rumah orang tuanya di Kota Bukittinggi.

Hal ini pun dibenarkan oleh Direktur RSUD Lubuksikaping, dr Yong Marzuhaili saat dikonfirmasi harianhaluan.com, Selasa (8/9/2020). Dikatakan, pihaknya sudah melakukan isolasi terhadap dokter tersebut untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.

"Setelah dikasih tahu dokter RSUD positif satu orang, yang bersangkutan langsung kita isolasi di rumah sakit. Sebelumnya dia, kita jemput ke kontrakannya. Juga ada dua dokter yang ikut diisolasi karena satu kontrakan dengan dia," ungkap dr Yong. 

Pihaknya, kata dia, sudah melakukan tracking (pelacakan) terhadap orang yang kontak erat dengan dokter itu di rumah sakit. Hasilnya, ada ratusan orang tenaga medis. 

"Hasil tracking petugas RSUD yang kontak erat dengan dokter itu berjumlah 149 orang. Rinciannya, 13 orang dokter spesialis, 1 dokter residen bedah, 11 orang dokter, 92 orang perawat dan bidan, 32 orang tenaga lainnya," ucap Yong. 

Guna memutus rantai penyebaran Covid-19 di rumah sakit itu, pihaknya, sudah meminta izin kepada Bupati Pasaman untuk menutup sementara pelayanan IGD dan rawat jalan di rumah sakit. 

"Kami telah minta ke bupati untuk menutup IGD dan rawat jalan sampai hasil swab keluar, untuk menghindari rumah sakit jadi klaster baru penyebaran Covid19 di Pasaman," pungkas Yong. (*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]