Syafrizal: Kita Rindu Pemerintahan dan Adat Bersatu di Nagari


Selasa, 08 September 2020 - 18:06:38 WIB
Syafrizal: Kita Rindu Pemerintahan dan Adat Bersatu di Nagari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, Syafrizal Ucok ketika memberikan sambutan pada pembukaan Focus Group Discussion (FGD) hasil penelitian Tim Peneliti LPDP-UIN Imam Bonjol Padang dengan judul “Pengembangan Pemerintahan Nagari Sebagai Model Implementasi Nilai-Nilai Adat Dalam Pemerintahan Desa Adat di Indonesia".

HARIANHALUAN.COM - Pemerintahan Nagari di Sumbar seperti masa lalu sebelum berlakunya Undang-undang Nomor 5 Tahun 1979 Tentang Pokok-Pokok Pemerintahan Desa/Kelurahan, sangat dirindukan oleh masyarakat. Pada saat itu, pemerintahan dan kehidupan adat berjalan seiring dan seirama di nagari.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, Syafrizal Ucok ketika memberikan sambutan pada pembukaan Focus Group Discussion (FGD) hasil penelitian Tim Peneliti LPDP-UIN Imam Bonjol Padang dengan judul “Pengembangan Pemerintahan Nagari Sebagai Model Implementasi Nilai-Nilai Adat Dalam Pemerintahan Desa Adat di Indonesia" di Hotel Daima, baru-baru ini.

Menurut Syafrizal, kerinduan masyarakat tentang nagari di masa lalu itu kini bisa terjawab lagi, karena dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa mengakomodir adanya Desa Adat atau Nagari Adat.

"Prakteknya adalah, dimana pemerintahan dan adat dijalankan oleh satu tampuk di nagari. Limbago Adat yang ada dapat hidup dan berfungsi kembali sesuai dengan adat salingka nagari," ujar Syafrizal.

Tindak lanjut dari Nagari Adat itu, Pemprov Sumbar telah menerbitkan Perda Nomor 7 Tahun 2018 sebagai payung diterbitkannya Perda Nagari Adat di kabupaten/kota. Bersamaan dengan itu, ditetapkan pula sejumlah nagari sebagai nagari adat percontohan, seperti Nagari Lawang (Agam) dan Nagari Painan (Pesisir Selatan). (*/Hms-Sumbar)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Agustus 2020 - 18:10:42 WIB

    Syafrizal: Nagari di Sumbar Memiliki Potensi yang Bisa Digarap

    Syafrizal: Nagari di Sumbar Memiliki Potensi yang Bisa Digarap HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbar, Syafrizal mengatakan, wisata Embung Sungai Abu merupakan salah satu nagari yang mampu berinovasi dan jeli memanfaatkan potensi nagari seperti Nag.
  • Ahad, 23 Agustus 2020 - 18:04:43 WIB

    Syafrizal: Nagari yang Tidak Bayarkan BLT, Dana Desanya Ditahan

    Syafrizal: Nagari yang Tidak Bayarkan BLT, Dana Desanya Ditahan HARIANHALUAN.COM – Kepala Dinas Pemberdayaan Desa (DPMD) Sumbar, Syafrizal menegaskan kembali kepada pemerintah nagari untuk wajib membayarkan BLT Dana Desa, baik Fase 1 (April, Mei dan Juni) maupun Fase 2 (Juli, Agustus da.
  • Senin, 17 Agustus 2020 - 06:53:52 WIB

    Syafrizal: Nagari Taram, Salah Satu yang Dijadikan Nagari Adat Persiapan

    Syafrizal: Nagari Taram, Salah Satu yang Dijadikan Nagari Adat Persiapan HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumbar, Syafrizal mengatakan Nagari Taram adalah salah satu nagari di Sumatera Barat yang akan dijadikan Nagari Adat Persiapan bersama tiga nagari lainnya..
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 10:48:06 WIB

    Syafrizal: Pembangunan Muara Kesejahteraan Masyarakat di Nagari

    Syafrizal: Pembangunan Muara Kesejahteraan Masyarakat di Nagari HARIANHALUAN.COM - Tentara Manunggal Membangun Nagari (TMMN) dapat mempercepat pembangunan daerah, yang berujung pada kesejahteraan. Bentuk kongkritnya adalah berupa pembangunan infrastruktur yang membuka akses daerah dan pem.
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 05:59:31 WIB

    Syafrizal: KKN Tematik Dorong Gagasan Kreatif di Nagari

    Syafrizal: KKN Tematik Dorong Gagasan Kreatif di Nagari HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka penguatan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik 2020 “Bakti untuk Nagari” di Sumbar. Unand yang setiap tahun mengadakan KKN, menyiapkan diri dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD).

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]