Kasus Covid-19 Terus Bertambah, Pemulihan IHSG Peringkat ke 6 dari 9 Negara ASEAN


Selasa, 08 September 2020 - 18:13:11 WIB
Kasus Covid-19 Terus Bertambah, Pemulihan IHSG Peringkat ke 6 dari 9 Negara ASEAN Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Bank Dunia memproyeksikan bahwa pertumbuhan ekonomi dunia akan mengalami kemerosotan 5,2% karena Covid-19. Hal itu disebabkan karena pandemi ini bisa melumpuhkan segala aktivitas perekonomian di seluruh negara, termasuk Indonesia.

Sementara itu, kurva pertumbuhan kasus Covid-19 di Indonesia memang masih terlihat terus meningkat hingga kini, lain halnya dengan Vietnam, Kamboja, atau Laos yang sempat diklaim menang melawan Covid-19.

Rata-rata pertumbuhan kasus Covid-19 per hari di Indonesia terus bertambah, dari Maret yang saat itu 59 kasus per hari, meningkat di April dengan 295 kasus per hari, bulan Mei menjadi 516 kasus per hari, Juni dengan 977 kasus per hari, hingga agustus dengan 2.095 kasus per hari.

Hingga laporan ini dibuat, kasus Covid-19 di Indonesia kini sudah ada di angka 169.196 secara nasional. Kebijakan pelonggaran pembatasan aktivitas pada awal Juni tentunya tidak bisa dikecualikan sebagai salah satu faktor terus bertambahnya kasus Covid-19 di Indonesia.

Bahkan, jauh sebelum itu, sudah dilakukan “pelonggaran” dari sisi transportasi, yakni sejak 7 Mei 2020 di mana pemerintah membuka seluruh moda transportasi, hanya dua pekan setelah diberlakukannya larangan mudik. Jelang seminggu setelah pengumuman itu, muncul pula kabar mengenai padatnya antrean di bandara.  

Dalam riset Lifepal.co.id sebelumnya mengenai risiko Covid-19 di aktivitas sehari-hari, Pakar Epidemiologi FKM UI Dr. Tri Yunis Miko Wahyono, Msc. telah mengkategorikan aktivitas bepergian dengan kendaraan umum, pesawat terbang.

"Maupun mendatangi stasiun atau terminal bandara, adalah tergolong dalam aktivitas yang tinggi risiko terpapar Covid-19," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Harianhaluan.com. (*)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]