6 Nagari di Sumbar Jadi Pilot Projek Desa Adat


Selasa, 08 September 2020 - 18:18:33 WIB
6 Nagari di Sumbar Jadi Pilot Projek Desa Adat Kepala DPMD Sumbar, Syafrizal. Ist

HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, Syafrizal membukaan Focus Group Discussion (FGD) hasil penelitian Tim Peneliti LPDP-UIN Imam Bonjol Padang dengan judul “Pengembangan Pemerintahan Nagari Sebagai Model Implementasi Nilai-Nilai Adat Dalam Pemerintahan Desa Adat di Indonesia" di Hotel Daima, baru-baru ini.

Penelitian yang dilaksanakan LPDP-UIN Imam Bonjol ini, bekerjasama dengan Dinas PMD Sumbar. Ada enam nagari yang menjadi objek penelitian ini yaitu, Nagari Taram (Kabupaten Limapuluh Kota), Nagari Balimbiang (Kabupaten Tanah Datar), Nagari Inderapura (Kabupaten Pesisir Selatan), Nagari Sijunjung (Kabupaten Sijunjung), Nagari Kota Besar (Kabupaten Dharmasraya) dan Nagari Lubuak Malako (Kabupaten Solok Selatan).

"Dari enam nagari yang diteliti ini tentu berbeda-beda sistim kepemimpinan adat istiadatnya, ada Koto Piliang, ada pula Bodi Chaniago dan ada pula gabungan keduanya," kata Syafrizal.

Lebih lanjut, kata Syafrizal, namun yang sangat menentukan adalah adat salingka nagarinya, yaitu
ada yang khusus yang berlaku di nagari dalam menjalankan adat istiadatnya. Sedangkan dalam menjalankan sistem pemerintahan harus ada model yang baku yang dapat mengakomodir adat
salingka nagari dalam pemerintahan Nagari Adat.

Sementara, Rektor UIN IB Padang, Eka Putra Wirman mengatakan, tujuan dari penelitian ini adalah penyempurnaan naskah buku “Nagari Sebagai Model Desa Adat di Indonesia”.

"Buku model pengembangan pemerintahan nagari sebagai desa adat di Sumatera Barat dan naskah akademik Perda tentang Nagari di tingkat kabupaten/kota," kata Eka. (*/Hms-Sumbar)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]