Hatchback Tetap Digemari di Indonesia Meski Hanya Muat 5 Penumpang, Ternyata Ini Alasannya


Selasa, 08 September 2020 - 19:06:36 WIB
Hatchback Tetap Digemari di Indonesia Meski Hanya  Muat 5 Penumpang, Ternyata Ini Alasannya Mobil hatchback Toyota Yaris.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dengan dimensi lebih kompak, hatchback umumnya menampung 5 penumpang saja. Tapi kenapa ya mobil hatchback bisa laris? Sementara konsumen Indonesia umumnya menyukai mobil berkapasitas 7 penumpang. 

Hatchback menjadi salah satu model mobil yang digemari konsumen Indonesia. Beberapa merek Jepang memiliki model andalan masing-masing, seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, dan Suzuki Baleno Hatchback. 

Dikutip dari laman Auto2000, hatchback adalah istilah yang digunakan untuk menyebut mobil penumpang berbasis sedan. Perbedaannya dengan sedan terletak pada bagasi. Jika sedan konvensional memiliki 'ekor' sebagai bagasi, maka hatchback memiliki bagasi yang terletak di belakang bangku penumpang. Meski tidak sepopuler mobil jenis Multi-Purposed Vehicle (MPV), yang bisa menampung 7 penumpang, bukan berarti mobil hatchback minim penggemar.

Berikut empat alasan memilih mobil hatchback:

Eksterior stylish

Mobil-mobil hatchback sering kali hadir dengan desain eksterior yang stylish. Bagian luar mobil dirancang dengan desain yang aerodinamis, sehingga terlihat modern. Ini karena model hatchback biasanya menyasar pasar orang dewasa yang muda. Generasi muda identik dengan jiwa yang bebas dan ekspresif.

Selain desain bodi, hatchback biasanya juga hadir dengan warna yang anti mainstream. Di samping warna konvensional seperti hitam, putih, dan metalik, beberapa hatchback hadir dengan warna berani, seperti warna hijau stabilo maupun orange metalik.

Mungil namun lapang

Hatchback adalah mobil yang memang terlihat mungil. Terlebih jika dibandingkan dengan model MPV atau Sport Utility Vehicle (SUV). Walau begitu, sebenarnya ruang yang tersedia dalam kabin mobil hatchback terbilang lapang. Kapasitas bagasi sebuah mobil hatchback paling tidak sebesar 440.000 cc. Jika menginginkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar lagi, bangku penumpang di baris kedua bisa dilipat.

Kesan lapang mobil hatchback juga dihadirkan melalui headroom yang cukup tinggi. Ini karena atap mobil didesain lebih tinggi di bagian penumpang. Bukan hanya itu, kebanyakan hatchback juga hadir dengan ground clearance (jarak ke tanah) yang lebih tinggi dari sedan konvensional, sehingga memberikan kesan kokoh dan lebih tangguh melibas jalan rusak.

Handling lebih mudah

Mobil dengan model hatchback biasanya dibekali dengan kapasitas mesin yang tidak terlampau besar. Mobil hatchback biasanya dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc. Beda dengan mobil MPV atau SUV yang memiliki pilihan mesin hingga di atas 2.000 cc.

Dengan kapasitas mesin yang tidak terlalu besar, keseluruhan bobot mobil hatchback pun lebih ringan dibanding mobil MPV atau SUV. Bobot ringan ini akan memudahkan Anda untuk mengendalikan mobil. Mengemudi pun tidak akan terlalu melelahkan karena kendaraan yang Anda pacu mudah dikendalikan.

Cocok untuk manuver

Mobil hatchback dirancang untuk penggunaan dalam kota. Artinya, mobil ini lebih cocok untuk digunakan di jalanan perkotaan yang relatif lebih mulus. Berbeda dengan SUV yang didesain agar dapat melalui berbagai medan. Meski begitu, ada kalanya jalanan perkotaan menjadi sangat tidak terduga, entah itu karena macet atau berlubang.

Model hatchback sangat cocok untuk situasi tersebut. Dengan bodi yang ramping dan aerodinamis, akan mudah bagi mobil ini untuk melakukan manuver di jalanan. Terlebih jika mobil telah dilengkapi dengan sistem keamanan seperti Vehicle Stability Control (VSC). Dengan VSC, manuver mobil akan lebih terkontrol sehingga risiko kecelakaan bisa dihindari. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 16 Februari 2020 - 22:12:28 WIB

    Honda Civic Hatchback RS Siap Mengaspal di Sumbar

    Honda Civic Hatchback RS Siap Mengaspal di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM - Setelah resmi diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) awal Februari lalu di Jakarta, kini Civic Hatchback RS bersiap mengaspal di jalanan Sumatera Barat. Seremoni peluncuran dilaksanakan di H.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]