Bantuan Subsidi Upah Telah Disalurkan ke 3,69 Juta Pekerja, Kamu Sudah Terima?


Selasa, 08 September 2020 - 19:33:40 WIB
Bantuan Subsidi Upah Telah Disalurkan ke 3,69 Juta Pekerja, Kamu Sudah Terima? Menaker Ida. Ist

HARIANHALAUN.COM - Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, per 7 September 2020, sebanyak 3,69 juta pekerja sudah menerima bantuan subsidi upah. Bantuan subsidi gaji atau upah sudah dilakukan sebanyak 2 tahap kepada 5,5 juta penerima.

Menteri  Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah merinci, dari 2,5 juta penerima subsidi gaji tahap pertama, sudah tersalur 92,45% atau sebanyak 2.311.237. Sementara tahap II, jumlah subsidi gaji/upah yang sudah tersalurkan sebanyak 1.386.059 atau 46,20% dari total penerima 3 juta orang.

"Sekali lagi kami meminta BPJS Ketenagakerjaan untuk berkomunikasi dengan stakeholder agar berbagai kendala dalam penyaluran subsidi gaji atau upah ini dapat diminimalkan," terang Ida, dikutip dari Kontan.co.id, Selasa (8/9).

Menurut Ida, berbagai kendala dalam penyaluran subsidi gaji ini seperti adanya duplikasi, rekening yang sudah tidak aktif, rekening pasif, rekening tidak valid, telah dibekukan, rekening tidak sesuai NIK, ataupun rekening yang tidak terdaftar.

Lebih lanjut, Ida juga meminta perusahaan dan pekerja berkomunikasi dan berdialog terkait data rekening tersebut sehingga tidak ada kesalahan dalam pelaporan rekening ke BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, saat ini Kemenaker sudah menerima 3,5 juta nomor rekening dari BPJS Ketenagakerjaan. Data tersebut akan diproses kembali untuk penyaluran subsidi gaji tahap ketiga.

Ida menjelaskan, proses penyaluran bantuan subsidi gaji ini akan sama seperti tahap sebelumnya, dimana  Kemenaker akan melakukan check list terlebih dahulu. Setelah itu Kemnaker akan menyerahkannya ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Kemudian, KPPN menyalurkan uang subsidi gaji/upah tahap III tersebut kepada Bank Penyalur yang kemudian akan menyalurkannya ke rekening penerima secara langsung.

Adapun persyaratan penerima subsidi gaji ini adalah WNI, pekerja penerima upah, tercatat sebagai anggota aktif BPJS Ketenagakerjaan per 30 Juni 2020, gaji yang dilaporkan ke BPJS Ketenagakerjaan di bawah Rp 5 juta, dan memiliki rekening yang aktif.

Penyaluran bantuan subsidi gaji diberikan kepada pekerja/buruh sebesar Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan yang akan diberikan setiap dua bulan sekali. Artinya, satu kali pencairan, pekerja akan menerima uang subsidi sebesar Rp 1,2 juta. (*)

loading...
 Sumber : Kontan.co.id /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 26 September 2020 - 12:44:22 WIB

    Begini Cara Cek Dapat Atau Tidak Bantuan Gaji Rp600 Ribu

    Begini Cara Cek Dapat Atau Tidak Bantuan Gaji Rp600 Ribu HARIANHALUAN.COM - Kementerian Ketenagakerjaan mengatakan, dari target 15,7 juta pekerja penerima bantuan atau subsidi gaji Rp600 ribu per bulan, hingga kini sudah cair kepada sekitar 8,822 juta pekerja. Pencairan baru dilaku.
  • Jumat, 25 September 2020 - 10:54:25 WIB

    Cek Rekening! Bantuan 600 Ribu Tahap IV Sudah Cair Lagi

    Cek Rekening! Bantuan 600 Ribu Tahap IV Sudah Cair Lagi HARIANHALUAN.COM - Kabar baik nih. Kementerian Ketenagakerjaan telah mencairkan bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp600 ribu dalam semua tahap, yakni mulai tahap I hingga tahap IV. Hal ini diumumkan melalui akun resmi instag.
  • Kamis, 24 September 2020 - 10:45:24 WIB

    Mana Janji Pemerintah soal Bantuan? Ini Keluhan dari Maskapai Penerbangan

    Mana Janji Pemerintah soal Bantuan? Ini Keluhan dari Maskapai Penerbangan HARIANHALUAN.COM - Pelaku industri penerbangan menagih janji pemerintah untuk mencairkan stimulus yang digaungkan sejak awal pandemi Covid-19. Direktur Utama Lion Air Group Edward Sirait mengaku belum menerima bantuan konkret.
  • Jumat, 18 September 2020 - 10:26:29 WIB

    Kasus Dugaan Pemotongan Bantuan, Waryono Minta Masyarakat Melapor ke Itjen Kemenag

    Kasus Dugaan Pemotongan Bantuan, Waryono Minta Masyarakat Melapor ke Itjen Kemenag HARIANHALUAN.COM - Beredar informasi adanya dugaan pemotongan bantuan operasional pesantren. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono, mendorong masyarakat untuk melaporkannya kepada Inspektorat Jenderal (Itje.
  • Rabu, 16 September 2020 - 11:24:26 WIB

    Silakan Cek! Hari Ini, Bantuan Subsidi Upah Tahap Tiga Cair

    Silakan Cek! Hari Ini, Bantuan Subsidi Upah Tahap Tiga Cair HARIANHALUAN.COM - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan kembali mencairkan bantuan subsidi upah (BSU) tahap ketiga pada hari ini Rabu (16/9/2020). Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memastikan subsidi gaji tahap I.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]