Apakah IHSG akan Pulih Tahun Depan?


Selasa, 08 September 2020 - 22:11:48 WIB
Apakah IHSG akan Pulih Tahun Depan? Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pada kuartal I 2020, Indonesia mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 2,97%, atau terendah sejak 2001. Sementara itu, kontraksi atau pertumbuhan negatif terjadi di kuartal II 2020. Jadi dengan negatifnya pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020, Indonesia sudah setengah jalan menuju resesi ekonomi.

Resesi dapat didefinisikan sebagai kondisi perekonomian sebuah negara yang mengalami pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) yang negatif selama dua kuartal berturut-turut. Maka, jika pertumbuhan ekonomi Indonesia kembali negatif pada kuartal III 2020, Indonesia resmi bisa dikatakan masuk dalam resesi.

Demi menopang pertumbuhan RI, Bank Indonesia pun memangkas suku bunga acuan sebesar 25 basis poin agar mendorong masyarakat melakukan konsumsi. Di sisi lain, pemerintah juga  mengucurkan dana sebesar Rp22,95 triliun dengan relaksasi pajak untuk dunia usaha dan karyawan.

Namun Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa hingga akhir 2020, pemulihan ekonomi Indonesia hanya berkisar antara 40 hingga 60%, dan pemulihan ekonomi secara total dipastikan baru akan berlangsung pada kuartal I 2022.

"Bersamaan dengan itu, pertumbuhan rata-rata jumlah kasus Covid-19 di Indonesia juga semakin bertambah yang bisa memicu ketidakpastian ekonomi di RI," kata Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima Harianhaluan.com.

Besar kemungkinan ini akan menjadi penyebab mengapa investor enggan menaruh uang di pasar modal. Imbasnya, pemulihan IHSG pun bisa berjalan lambat dibanding indeks bursa di negara-negara ASEAN lainnya. (*)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 21:26:05 WIB

    Digempur Corona, Apakah Ekonomi Dunia Resesi?

    Digempur Corona, Apakah Ekonomi Dunia Resesi? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Perekonomian dunia benar-benar terpukul akibat penyebaran virus corona yang semakin masif. Pelaku pasar menilai tren pertumbuhan ekonomi global akan terhenti pada kuartal I-2020, dan tanda-tanda r.
  • Sabtu, 23 November 2019 - 08:30:45 WIB

    Jadi Stafsus Jokowi, Apakah Adamas Tinggalkan Ruangguru?

    Jadi Stafsus Jokowi, Apakah Adamas Tinggalkan Ruangguru? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pendiri dan CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara ditunjuk menjadi salah satu Staf Khusus Presiden Republik Indonesia bersama enam orang pemuda lainnya. Lantas, apakah ia akan meninggalkan posisin.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]