Gamawan Fauzi: Masyarakat Sumbar dan Orang Minang Menanti Ucapan Maaf Puan


Rabu, 09 September 2020 - 00:32:53 WIB
Gamawan Fauzi: Masyarakat Sumbar dan Orang Minang Menanti Ucapan Maaf Puan Gamawan Fauzi Dt Rajo Nan Sati

HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Sumbar khususnya orang Minang sangat menanti penjelasan dan kata maaf dari Puan Maharani. Jika belum, masyarakat Sumbar akan merasa bertepuk sebelah tangan.

Hal itu ditegaskan tokoh Minang Gamawan Fauzi yang juga mantan Menteri Dalam Negeri RI, dalam diskusi Indonesia Lawyers Club (ILC) terkait pernyataan Puan Maharani 'semoga Sumbar menjadi provinsi yang benar-benar mendukung negara Pancasila', Selasa (8/9) malam, dengan host Karni Ilyas.

"Orang Minang menafrsirkan pernyataan Uni Puan itu berbagai-bagai. Tadi sudah ada penjelasan dari Arteria Dahlan, Basarah atau Irma Suryani Chaniago dan lain-lain, tapi orang Minang sangat ingin penjelasan keluar dari mulut Uni Puan, agar tak bertepuk sebelah tangan. Sasek di ujung jalan, baliak ke pangka jalan. Biar pun Uni Puan tidak merasa keliru, tapi ucapan maaf sangat dinanti orang Minang," kata Gamawan. Dia juga menjelaskan sikap yang muncul atas polemik ini, bukanlah kemarahan orang Minang, tapi kekecewaan terhadap Puan. 

Gamawan juga mengapresiasi diskusi ILC terkait polemik Puan ini sebagai diskusi paling sejuk sepanjang ILC ada. "Selama ini narasumber ILC merasa hebat satu sama lain. Kali ini lain, inilah diskusi Pancasila yang sebenarnya, saling berwasiat dengan kebenaran, berwasiat dengan kesabaran. Penjelasan narasumber sangat sejuk dan jelas. Kalau pernyataan-pernyataan dalam diskusi ini sejak awal dinyatakan di media massa, maka diskusi ILC malam ini tak perlu," kata Gamawan lagi.(*)

loading...
 Sumber : ILC TV One /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 06 September 2020 - 15:32:22 WIB

    Perkara 'Pancasilais' Puan Maharani, Gamawan Fauzi: Tak Ado Kusuik Nan Tak Salasai

    Perkara 'Pancasilais' Puan Maharani, Gamawan Fauzi: Tak Ado Kusuik Nan Tak Salasai HARIANHALUAN.COM -  Pernyataan Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP Puan Maharani, yang juga Ketua DPR RI, agar Sumatera Barat menjadi provinsi pendukung negara Pancasila yang menuai protes keras dalam beberapa hari te.
  • Kamis, 11 Juni 2020 - 19:51:58 WIB

    Tokoh Minang Gamawan Fauzi 'Pukul Telak' Ade Armando, Sentil Pedas Lewat Guratan Pena dan Kata

    Tokoh Minang Gamawan Fauzi 'Pukul Telak' Ade Armando, Sentil Pedas Lewat Guratan Pena dan Kata HARIANHALUAN.COM -  Tokoh Minang Gamawan Fauzi Dt Rajo Nan Sati menyentil dan memberikan pukulan telak bagi Ade Armando lewat sebuah tulisan yang cukup apik, berjudul 'Minang Marentak; Saling Berwasiat dengan Ade Armando'..
  • Sabtu, 22 Oktober 2016 - 01:12:05 WIB

    Gamawan Seret Ketua KPK dalam Kasus e-KTP

    Gamawan Seret Ketua KPK dalam Kasus e-KTP JAKARTA, HALUAN — Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yuyuk Andriati mengatakan, penyidik tak menutup kemungkinan bakal melakukan peme­riksaan terhadap Ketua KPK, Agus Rahar­djo ter.
  • Kamis, 13 Oktober 2016 - 02:15:01 WIB

    Gamawan jadi Saksi Dugaan Korupsi E-KTP

    Gamawan jadi Saksi Dugaan Korupsi E-KTP JAKARTA, HALUAN – Mantan Men­teri Dalam Negeri Gamawan Fauzi diperiksa tujuh jam oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rabu (12/11). Gamawan diperiksa dalam kasus dugaan korupsi pengadaan paket penerapan Kartu Tanda Pen.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]