Kelas Menengah Harus Bersiap, Lakukan Ini Supaya Survive di Masa Pandemi


Rabu, 09 September 2020 - 09:52:24 WIB
Kelas Menengah Harus Bersiap, Lakukan Ini Supaya Survive di Masa Pandemi Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kelas menengah harus mempersiapkan diri untuk menghadapi kondisi ekonomi yang sedang menuju jurang resesi. Karena Kondisi pandemi COVID-19 yang terjadi di dunia termasuk di Indonesia belum memiliki kejelasan kapan akan selesai. 

Perencana Keuangan Safir Senduk mengungkapkan ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh para kelas menengah agar bisa bertahan di tengah kondisi pandemi.

"Selama vaksin belum ditemukan pertahankan uang cash selama mungkin. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi, bisa saja besok ada PSBB lagi, apalagi zona merah di mana-mana bisa saja penghasilan anda terpengaruh," kata Safir dalam acara d'Mentor, Selasa (8/9/2020).

Dia mengungkapkan jika memang harus membeli, maka beli barang yang penting dan mendesak. Jika tidak mendesak, bisa mempertimbangkan dan jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Kemudian, para kelas menengah juga harus mempelajari skill penghematan dan mempelajari skill yang basic.

"Sesuatu yang basic itu harus dimiliki saat pandemi ini, jadi jangan gengsi saat pandemi dan masa sulit ini. Banyak penerbang tidak bisa terbang lagi dan tidak bisa ngapa-ngapain lagi kondisi gini. Pandemi mengajarkan jangan punya gaya hidup tinggi karena Tuhan bisa membalikkan ekonomi dengan cepat," ujar dia. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 09:32:12 WIB

    Naik Kelas, Indonesia Jadi Negara Berpenghasilan Menengah Keatas

    Naik Kelas, Indonesia Jadi Negara Berpenghasilan Menengah Keatas HARIANHALUAN.COM - Kementerian Keuangan mengklaim Bank Dunia menaikkan peringkat Indonesia dari negara pendapatan menengah (middle income country) menjadi negara berpenghasilan menengah ke atas (upper middle income country). .
  • Sabtu, 14 Desember 2019 - 09:04:55 WIB

    Ingat !!! Pejabat BUMN Rugi Dilarang Naik Pesawat Kelas Bisnis

    Ingat !!! Pejabat BUMN Rugi Dilarang Naik Pesawat Kelas Bisnis JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melarang direksi dan manajemen perusahaan BUMN rugi menumpang pesawat kelas bisnis. Artinya, mereka hanya boleh naik pesawat kelas ekonomi..
  • Kamis, 28 November 2019 - 09:19:14 WIB

    Peserta BPJS Turun Kelas Terus Terjadi

    Peserta BPJS Turun Kelas Terus Terjadi BALIKPAPAN, HARIANHALUAN.COM – Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Balikpapan mencatat setidaknya 15 hingga 20 peserta mandiri setiap hari minta turun kelas layanan. Permintaan penurunan k.
  • Jumat, 08 November 2019 - 12:14:18 WIB

    Keren! Daerah di Jabar Ini akan Jadi Produsen Ban Pesawat Kelas Dunia

    Keren! Daerah di Jabar Ini akan Jadi Produsen Ban Pesawat Kelas Dunia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dunlop Aircraft Tyres mau bikin pabrik ban pesawat di Indonesia. Dunlop menggandeng PT Rubberman Indonesia sebagai mitra lokal..
  • Kamis, 07 November 2019 - 16:43:30 WIB

    Kabar Gembira..! Iuran Peserta BPJS Kesehatan Kelas III Akan Disubsidi

    Kabar Gembira..! Iuran Peserta BPJS Kesehatan Kelas III Akan Disubsidi MAGELANG, HARIANHALUAN.COM - Iuran BPJS per 1 Januari 2020 naik 100 persen. Untuk iuran bagi peserta kelas III, pemerintah akan memberikan subsidi dan saat ini masih dalam pembahasan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]