Perguruan Thawalib Kerjasama Bimbingan Studi Timur Tengah


Rabu, 09 September 2020 - 11:40:38 WIB
Perguruan Thawalib Kerjasama Bimbingan Studi Timur Tengah Perguruan Thawalib kerjasama Bimbingan Studi Timur Tengah

HARIANHALUAN.COM - Perguruan Thawalib Padang Panjang mengadakan kerjasama Bimbingan Studi Timur Tengah dengan Ruwaq. Id. Kerjasama tersebut untuk santri Kuliyatul Ulum El Islamiyah yang berkeinginan mengikuti tes masuk ke berbagai perguruan tinggi di Timur Tengah.

Penandatanganan kerjasama dilakukan Rabu (9/9/2020) di Aula Dr Abdul Karim Amrullah, Padang Panjang oleh Pimpinan Perguruan Thawalib Buya Dr  Zulkarnaini, M.Ag dan Direktur Utama Ruwaq ID Ahwazy Anhar, LC, SS.

Pimpinan Perguruan Thawalib Zulkarnaini menyambut baik adanya kerjasama Bimbingan Studi Timur Tengah tersebut sebagai upaya mempercepat kemajuan Thawalib terutama untuk mendorong para santri Thawalib untuk kuliah di Timur Tengah. "Ini langkah strategis bagi Perguruan Thawalib untuk mendorong para santri Thawalib kuliah di Timur Tengah," katanya.

Sementara Pembina Ruwaq.ID Biltiser Bachtiar mengatakan, merasa terhormat diajak Yayasan Thawalib untuk bersama sama memajukan Thawalib khususnya untuk kelanjutan studi di Timur Tengah.

Dijelaskan Biltiser Bachtiar, untuk Timur Tengah seperti Al Azhar University, Kairo, dulu banyak lulusan Thawalib. Bahkan santri Thawalib memiliki dan organisasi tersendiri. "Ini membuktikan begitu banyaknya alumni Thawalib kuliah di Al Azhar," ujarnya.

Dengan adanya kerjasama tersebut, berharap lulusan Perguruan Thawalib kembali banyak yang kuliah di Timur Tengah.

Ketua Yayasan Thawalib Ali Usman Syuib mengatakan dengan adanya kerjasama Yayasan Thawalib dengan Ruwaq ID sebagai bentuk keseriusan yayasan dalam memajukan Perguruan Thawalib. "Yayasan bertekad untuk memajukan Thawalib salah satunya dalam bahasa Arab. Dengan bahasa Arab adalah sebagai jalan untuk kuliah di Timur Tengah," jelas Ali Usman.

Bimbingan Studi Timur Tengah seperti dijelaskan Sekretaris Umum Yayasan Thawalib Irwan Natsir dalam bentuk memberikan pelatihan bagi santri Thawalib dalam kiat kiat untuk bisa mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi Timur Tengah.

"Saat ini untuk masuk kuliah di perguruan tinggi Timur Tengah harus melalui seleksi atau tes. Untuk mengikuti hal tersebut maka santri Thawalib diberikan bimbingan," kata Irwan Natsir.

Bimbingan Studi Timur Tengah diberikan kepada santri Kuliyatul Ulum El Islamiyah atau tingkat aliyah Perguruan Thawalib baik santri laki laki maupun santri perempuan. Target dari kegiatan Bimbingan Studi Timur Tengah ini diharapkan ke depan para lulusan Perguruan Thawalib bisa masuk berbagai perguruan tinggi di Timur Tengah.

Acara penandatanganan kerjasama dihadiri Ketua Yayasan Dr Saiful Amin, Kepala Sekolah KUI Thawalib Putra, majelis guru, guru asrama dan santri KUI Thawalib Putra.(*)

loading...
 Sumber : relis /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 24 September 2020 - 17:01:12 WIB

    Impian Pemkab Pessel Dirikan Kampus Perguruan Tinggi Terwujud

    Impian Pemkab Pessel Dirikan Kampus Perguruan Tinggi Terwujud HARIANHALUAN.COM - Universitas Negeri Padang (UNP) akan membuka kampus di Sago Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Kepastian pengembangan kampus UNP di Pessel tersebut, ditandai dengan penandatangan kesepa.
  • Rabu, 19 Agustus 2020 - 20:24:21 WIB

    Unand Peringkat 13 Perguruan Tinggi Terbaik se Indonesia, UNP dan UBH Urutan 60 dan 83

    Unand Peringkat 13 Perguruan Tinggi Terbaik se Indonesia,  UNP dan UBH Urutan 60 dan 83 HARIANHALUAN.COM -- Universitas Andalas berhasil masuk klaster 1 perguruan tinggi terbaik di Indonesia dengan urutan 13 atau berhasil masuk 20 Top PT Terbaik di Indonesia. Sementara Universitas Negeri Padang (UNP)  ternyata .
  • Senin, 17 Agustus 2020 - 17:15:50 WIB

    Perguruan Tinggi Terbaik 2020, IPB University Raih Peringkat Pertama

    Perguruan Tinggi Terbaik  2020, IPB University Raih Peringkat Pertama HARIANHALUAN.COM- Berdasarkan pemeringkatan klusterisasi perguruan tinggi yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,  IPB University meraih peringkat pertama sebagai perguruan tinggi terbaik tahun 2020..
  • Rabu, 12 Agustus 2020 - 11:03:33 WIB

    Perguruan Thawalib Padang Panjang Gelar Kuliah Akbar

    Perguruan Thawalib Padang Panjang Gelar Kuliah Akbar HARIANHALUAN.COM -- Perguruan Thawalib Padang Panjang mengadakan kuliah akbar untuk seluruh santri putra, Rabu pagi di aula Dr Abdul Karim Amarullah, Kompleks Perguruan Thawalib dengan pembicara utama Buya Dr H. Zulkarnaini, .
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 09:39:06 WIB

    50 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia, Kampus Kamu Ada?

    50 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia, Kampus Kamu Ada? HARIANHALUAN.COM - Lembaga pemeringkatan internasional asal Spanyol, Webometrics merilis peringkat universitas terbaik di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tahun ini, Universitas Indonesia (UI) bertengger diurutan pertama s.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]