Tokoh Pers Sumbar: Hindarilah Stigmatisasi yang Menyinggung, Bukan hanya Minang tapi Daerah Manapun


Rabu, 09 September 2020 - 13:30:02 WIB
Tokoh Pers Sumbar: Hindarilah Stigmatisasi yang Menyinggung, Bukan hanya Minang tapi Daerah Manapun Tokoh pers Sumbar, Hasril Chaniago.

HARIANHALUAN.COM - Pembahasan kontroversi pernyataan Puan Maharani mengenai Pancasilais Sumbar semakin sengit di masyarakat. Banyak yang menilai pernyataan tersebut tidak pantas dikeluarkan seorang Ketua DPR RI sekaligus yang memiliki darah Minangkabau. 

Menanggapi hal tersebut, Tokoh Pers Sumbar, Hasril Chaniago di Indonesia Lawyers Club TVOne pada Selasa (8/9/2020) malam mengatakan jangan ada lagi menstigmakan apapun lagi. "Banyak masalah yang muncul karena pemimpin tidak mengerti sejarah. Sehingga lahirlah stigma-stigma yang menyinggung," katanya.

Hasril juga menyarankan agar Puan Maharani meminta maaf kepada masyarakat Sumbar atas pernyataannya beberapa waktu yang lalu. Karena yang dibutuhkan masyarakat hanya permintaan maaf dari mulut Puan sendiri. "Jika memang memaknainya salah, minta maaf bukan sesuatu yang memalukan. Harusnya Puan sendirilah yang meminta maaf, bukan dari teman-temannya yang lain," lanjutnya.

Minangkabau, menurut Hasril Chaniago, jika memberontak pun masih dalam jalur NKRI. Hasril pun mengakui orang Minang kalau menegakan kebenaran memang sangat keras tapi untuk yang lain orang Minang sangat toleransi. "Jika pemuda Minang mengungkapnya memang keras ninik mamak inilah yang akan menyelesaikannya. Jika memang tidak harus dilaporkan Adinda Irma jembatani lah adik-adik ini untuk bertemu dengan Puan," ujarnya.

Kata dia karena pemahaman sejarah yang salah lah menjadikan akar masalah itu meluas. Selanjutnya, Hasril juga menyinggung mengenai pernyataan Megawati Soekarno Putri terhadap kader PDI Perjuangan yang tidak pernah menang di Sumbar. "Gamawan Fauzi itu menang yang didukung oleh PDI-P dan didanai," ungkapnya. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]