Gamawan Fauzi: Orang Minang Tak Pernah Membuat 'Kampung Minang'


Rabu, 09 September 2020 - 15:21:47 WIB
Gamawan Fauzi: Orang Minang Tak Pernah Membuat 'Kampung Minang' Gamawan Fauzi

HARIANHALUAN.COM - Menanggapi pernyataan Sumbar belum Pancasilais, mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi memberikan pesan kepada Puan Maharani. Dia menyatakan di acara Indonesia Lawyers Club pada Selasa (8/9/2020) malam bahwa dia melihat persoalan ini dari sisi lain tanpa menuduh dan tetap berpikir positif. 

Menurutnya, diskusi ILC malam itu merupakan diskusi yang paling sejuk karena ramainya orang Minangkabau ada di dalamnya. Gamawan Fauzi menyebutkan semenjak revormasi banyak pihak yang saat diskusi merasa hebat jika sampai mencaci maki lawan diskusi lainnya.

"Saat ini, Minang membuktikan saat diskusi akan membuat suasana menjadi sejuk. Mudah-mudahan inilah diskusi yang Pancasila dan saling berwasiat dalam kebenaran tidak ada emosi dalam diskusi kali ini," sebutnya.

Gamawan Fauzi dalam pernyataannya menyebutkan jika saja Puan Maharani mau memberikan klarifikasi atau menjelaskan maksud dari ucapannya tempo hari kepada masyarakat, maka tidak akan terjadi perdebatan seperti sekatang ini. Kata dia, pernyataan yang dilontarkan Puan membuat banyak orang menafsirkannya berbeda-beda.

"Dalam hal ini bukan ungkapan marah tapi kekecewaan dari 'dunsanak' kita. Kenapa bisa sampai terucap kata seperti itu," katanya.

Jika Puan bersedia menjelaskannya pada masyarakat luas maka akan menyejukan suasana. Mantan Mendagri itu menyebutkan prinsip orang minang dalam ber-Pancasila tidak perlu diragukan lagi. Sehingga akan lebih baik jika pernyataan maksud yang sebenarnya keluar dari mulut Puan Maharani itu sendiri

"Saya mengusulkan akan lebih baik dengan sukarela dan bila Mba Puan merasa ada darah dagingnya ada Minangkabau saya kira akan sangat mulia mengeluarkan maksud beliau dan jika ditafsirkan berbeda maka beliau rela juga mengucapkan maaf," tutupnya. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]