Pemkab Dharmasraya Mulai Bagikan Dana BST Kabupaten


Rabu, 09 September 2020 - 15:29:23 WIB
Pemkab Dharmasraya Mulai Bagikan Dana BST Kabupaten Kegiatan penyaluran BST Kabupaten di Nagari IV Koto Pulau Punjung, Rabu (9/9/2020).

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat mulai membagikan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) yang bersumber dari kas daerah itu, Rabu (9/9/2020). Pembagian ditunaikan langsung untuk dua tahap berturut-turut dengan total dana yang diserahkan sebesar Rp600 ribu per penerima bantuan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (SOSP3APPKB) Dharmasraya, Boby Perdana Reza. Lanjutnya, untuk tahap pertama sudah disalurkan untuk 15.141 penerima atau KK dengan total anggaran Rp9 miliar dan masing-masing mendapat Rp600 ribu. 

Dia menjelaskan, setelah BST tahap pertama disalurkan, rupanya dari anggaran Rp15 miliar yang disediakan, sisanya tidak lagi mencukupi untuk penyaluran tahap kedua dan ketiga dengan jumlah yang sama yakni Rp600 ribu untuk masing-masing penerima. Lantaran dana yang tersedia tersebut tidak mencukupi jika dikalikan dengan jumlah penerima, maka pihaknya memutuskan penyaluran ditunda sembari melakukan koordinasi dengan pihak nagari. 

"Tahap awal sudah disalurkan Rp9 miliar untuk 15.141 KK dan sisanya Rp6 miliar. Apabila sisa Rp6 miliar ini dibagi 15.141 KK, jelas kurang, sehingga penyalurannya ditunda sampai ada keputusan," terangnya. 

Lanjut Bobby, setelah dilakukan koordinasi dengan bupati, pihak nagari, Dinas Sosial, Dinas Keuangan Daerah dan pihak terkait lainnya, maka disepakati untuk melanjutkan penyaluran BST Kabupaten ini meski dengan nilai lebih kecil dari yang sebelumnya. Menurut Bobby, untuk tahap dua dan tahap tiga ini dilokasikan dana senilai Rp8,9 miliar dengan total penerima lebih kurang 14 ribu KK atau berkurang dari jumlah KK penerima tahap awal. 

Berkurangnya KK penerima lantaran adanya pengalihan penerima ke BST dana desa dan ada pula mengundurkan diri sebagai penerima. "Pada prinsipnya semua kabupaten dan kota melihat kondisi Covid-19 ini serta ketersediaan anggaran," terangnya.  

Saat disinggung jumlah keseluruhan penerima BST di wilayah Dharmasraya, Boby Perdana Reza menyebutkan, lebih dari 30 ribu KK. "BST Provinsi 4.217 KK, pusat 10.803 KK, ditambah BST kabupaten 15.141. Ini diluar bantuan PKH dan sembako," pungkasnya.

Sementara itu salah seorang penerima BST Kabupaten, Era ( 38) mengaku sangat bersyukur atas penyaluran BLT Kabupaten tahap dua dan tahap tiga sekaligus. Menurutnya, meski jumlahnya berkurang dari nilai tahap awal, tapi tetap saja cukup bernilai di masa-masa sulit Pandemi Covid- 19. "Berapa pun nilai yang kami terima sangat berarti dan membantu, terutama disaat ekonomi sulit selama Covid-19," tutupnya. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]