Bantah Disebut Cucu Tokoh PKI, Arteria Dahlan: Nenek Saya Tokoh Masyumi


Rabu, 09 September 2020 - 17:58:35 WIB
Bantah Disebut Cucu Tokoh PKI, Arteria Dahlan: Nenek Saya Tokoh Masyumi Arteria Dahlan

 HARIANHALUAN.COM-Arteria Dahlan, politikus PDIP  membantah dirinya adalah cucu tokoh PKI di Sumatera Barat (Sumbar).

"Tidak benar saya cucu seorang tokoh PKI," kata Arteria seperti dikutip Detikcom, Rabu (9/9/2020).

Arteria mengatakan memang ada tokoh PKI bernama Bachtarudin, tapi tidak memiliki hubungan kekeluargaan dengannya.

"Memang ada tokoh PKI dari Maninjau bernama Bachtarudin. Tidak ada hubungan kekeluargaan antara Bachtarudin dengan kakek dan nenek saya, baik dari pihak ayah maupun ibu," tegasnya.

Arteria lalu menjelaskan silsilah keluarganya. Disebutkan Arteria, kakeknya tidak ada yang bernama Bachtarudin.

"Kakek saya namanya Dahlan, bukan Bachtarudin yang tokoh PKI itu. Jadi namanya AD itu adalah Arteria Dahlan bin Zaini bin Dahlan bin Ali bin Sulaiman. Mereka semua orang-orang alim. Nenek saya Bu Nian (Dahniar) guru ngaji orang-orang di Maninjau lebih dari tiga generasi," ungkapnya.

"Ya salah itu (kakeknya tokoh PKI). Nenek saya tokoh Masyumi. Ayah saya dibimbing sama Ummi Rasuna Said. Kakek saya yang dari Ibu H Abdul Wahab, saudagar, pedagang di Tanah Abang. Masuk Jakarta tahun 1950. Semua perantau pasti diurus kakek saya kala itu," imbuhnya.

Arteria menyebut neneknya yang bernama Dahniar Yahya atau Ibu Nian adalah tokoh Masyumi dan merupakan satu-satunya guru mengaji di Kukuban Maninjau. Menurutnya, sang nenek pernah ditahan saat pemerintahan Presiden Sukarno yang akhirnya menyebabkan sang ayah ditolak masuk akademi kepolisian.

"Ibu Nian juga pernah ditahan pemerintahan Sukarno karena diduga terlibat PRRI saat itu. Ayah saya H Zaini Dahlan, guru di beberapa SMA dan ketua salah satu yayasan pendidikan swasta. Pernah mendaftar Akpol, itu pun pada tes terakhir ditolak karena terindikasi Masyumi dan PRRI. Ayah saya lama di Yogya karena sempat kuliah di Farmasi UGM, sempat pula mengajar di SMA Muhammadiyah Yogyakarta," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, budayawan Sumbar Hasril Chaniago awalnya menyinggung soal kakek Arteria Dahlan bernama Bachtarudin dalam sebuah diskusi. Hasril menjelaskan, dia bicara dalam konteks memaparkan demokrasi masyarakat Minangkabau, bahkan dalam lingkup keluarga.

Hasril menjelaskan keluarga Arteria Dahlan berasal dari daerah Maninjau, Sumbar. Bachtarudin masih sepupu pahlawan nasional HR Rasuna Said.

"Jadi ada satu keluarga di Maninjau itu, di situ ada Rasuna Said pahlawan nasional itu Masyumi, kemudian ada namanya Bachtarudin, masih sepupu sama dia (Rasuna Said). Dia (Bachtarudin) itu pendiri PKI (di Sumbar). Jadi, bagi orang Minang, berbeda aliran politik itu biasa," ujar Hasril, saat dihubungi, Rabu (9/9).

"Janganlah, konteks Minangkabau dalam keluarga kecil saja bisa beda seperti itu. Dan kebetulan Arteria Dahlan ini dia termasuk dalam keluarga itu," imbuh Hasril, yang juga Wakil Ketua Yayasan Pusat Kebudayaan Minangkabau itu dseperti dikutip detik.com. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 09 September 2020 - 23:57:14 WIB

    Keluarga Besar Bantah Kakek Arteria Dahlan Disebut Tokoh Pendiri PKI

    Keluarga Besar Bantah Kakek Arteria Dahlan Disebut Tokoh Pendiri PKI HARIANHALUA.COM - Keluarga besar politisi PDI Perjuangan Arteria Dahlan, membantah bahwa kakek Arteria Dahlan adalah pendiri Partai Komunis Indonesia (PKI) di Sumatera Barat. Seperti yang disebutkan wartawan senior Hasril Cha.
  • Sabtu, 25 Januari 2020 - 08:47:18 WIB

    Bantah Hasto! KPK: Penetapan Tersangka Harun Berdasarkan Bukti

    Bantah Hasto! KPK: Penetapan Tersangka  Harun Berdasarkan Bukti JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Pernyataan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, yang menyebut Harun Masiku sebagai korban,  ditepis pihak  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)..
  • Jumat, 01 November 2019 - 16:14:13 WIB

    Pengacara Bantah Ahmad Dhani Mau Maju Pilwalkot Surabaya

    Pengacara Bantah Ahmad Dhani Mau Maju Pilwalkot Surabaya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ada kabar politikus Partai Gerindra Ahmad Dhani bakal maju di Pemilihan Wali Kota Surabaya. Kabar ini dibantah pengacara Ahmad Dhani, Hendarsam Marantoko..
  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 16:26:00 WIB

    Bertemu PKS, NasDem Bantah Main Politik Dua Kaki

    Bertemu PKS, NasDem Bantah Main Politik Dua Kaki JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - PDIP mengingatkan NasDem tidak main politik dua kaki terkait pertemuannya dengan PKS. NasDem pun menegaskan tetap di koalisi Joko Widodo-Ma'ruf Amin..
  • Kamis, 01 Agustus 2019 - 21:57:34 WIB

    PKB Bantah Kursi Ketua MPR Disepakati KIK untuk Golkar

    PKB Bantah Kursi Ketua MPR Disepakati KIK untuk Golkar JAKARTA.HARIANHALUAN.COM-Kesepakan Koalisi Indonesia Kerja (KIK) yang diklaim Wasekjen Partai Golkar Dave Akbarshah Fikarno atau Dave Laksono yang menyebut bahwa kursi Ketua MPR adalah jatah Golkar, dibantah tegas oleh PKB ..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]