Antisipasi Abrasi dan Tsunami, 1.000 Bibit Pinago Ditanam di Pariaman


Rabu, 09 September 2020 - 18:00:04 WIB
Antisipasi Abrasi dan Tsunami, 1.000 Bibit Pinago Ditanam di Pariaman Deputi  Mitigasi Bencana (MB) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Johny Sumbung sedang menanam bibit pohon pinago di Pantai Kota Pariaman, di Desa Pauh Barat, Pariaman Tengah.

HARIANHALUAN.COM - Deputi  Mitigasi Bencana (MB) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Johny Sumbung menanam bibit pohon pinago secara simbolis di Pantai Kota Pariaman, Desa Pauh Barat, Pariaman Tengah, Rabu (9/9/2020).

"Program penanaman 1.000 bibit pohon pinago ini tentu akan sangat berfanfaat nantinya dalam mengurangi risiko akibat bencana tsunami atau abrasi pantai seandainya terjadi," ujar Johny Sumbung.

Melalui Mitigasi Bencana Pesisir dengan Budidaya Vegetasi Pantai, Pohon Pinago ditanam tersebar di sepanjang pantai Kota Pariaman. Penanaman pohon tersebut bagian dari mitigasi struktural secara parsitipasif untuk Kota Pariaman. Pohon pinago dapat berusia sampai ratusan tahun serta memiliki daya hidup yang tinggi. 

Pohon pinago adalah juga pohon khas yang ada di Kota Pariaman, sehingga kita mendapat instruksi dari Kepala BNPB Pusat, Doni Monardo, untuk memanfaatkan kearifan lokal yang ada disini. "Tentu hal ini dapat merupakan suatu percontohan, jika berhasil pembibitan bisa pula dikembangkan di daerah lain Indonesia," katanya.

Kota Pariaman punya pantai yang sangat indah, sekaligus menjadi ancaman bencana gempa, abrasi dan tsunami yang tinggi. Upaya penghijauan dengan menanam pohon pinago yang dilakukan, ini sebagai cara dalam mengurangi dampak resiko bencana. Johny Sumbung mengimbau agar pembibitan pohon pinago dapat ditingkatkan lagi.

Kegiatan ini dihadiri Walikota Pariaman Genius Umar, Kalaksa BPBD Provinsi Sumatera Barat Erman Rahman dan jajaran serta Forkopimda Kota Pariaman, anggota DPRD Kota Pariaman Iskandar, Kepala OPD, Kabag dan Camat se Kota Pariaman. (*)

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]