Langgar Protokol Kesehatan, Bupati dan Wabup Karimun Ditegur Mendagri


Rabu, 09 September 2020 - 18:11:21 WIB
Langgar Protokol Kesehatan, Bupati dan Wabup Karimun Ditegur Mendagri Ilustrasi. Net

HARIANHALUAN.COM- Bupati Karimun Aunur Rafiq  dan Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim mengakui ditegur Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan saat deklarasi dan pendaftaran  sebagai paslon bupati dan wakil bupati ke kantor KPU Karimun.

“Kami memang ditegur Menteri Dalam Negeri dalam kapasitas mengantar (ke KPU Karimun). Sebenarnya, kami sudah mengikuti mekanisme, sudah ada izin. Kami memang diantar oleh koalisi partai yang cukup banyak ke kantor KPU Karimun,” ujar Anwar Hasyim di Kanwil DJBC Khusus Kepri, Rabu (9/9/2020).

Anwar menyebut, pihaknya sudah mengikuti protokol kesehatan dengan membatasi jumlah orang yang hadir. Namun, pada saat itu muncul yang namanya ego organisasi.


“Kita sudah batasi, kita sudah ikuti protokol kesehatan, yang namanya partai mereka kan ada ego organisasi. Katakan 10 partai itu yang mengusung kami, semua berambisi mau andil. Jika satu partai ada 10 orang, tentu saja melebihi kapasitas dan itu tak bisa dibendung,” terang Anwar.

Hanya saja, kata Anwar, massa yang banyak itu tidak semuanya sampai mengantar ke KPU Karimun. Mereka hanya ikut saat konvoi dari Posko Pemenangan ARAH hingga menuju kantor KPU namun tidak sampai masuk ke kantor KPU Karimun.

“Karena di KPU sudah dibatasi pihak-pihak yang dibolehkan masuk ke dalam. Ajudan saja tak boleh masuk. Jadi, sudah diatur tanpa melanggar protokol kesehatan,” tuturnya.

Anwar Hasyim menyebut, setelah surat teguran dari Mendagri itu keluar, pihaknya kemudian menjelaskan bagaimana kondisi yang terjadi di lapangan.

“Ini bukan upaya dalam membela diri, namun perlu penjelasan. Karena diperhatikan secara umum dan seluruh Indonesia. Tentu kita sebagai daerah yang kena dalam teguran ini, tentu kita melakukan klarifikasi juga. Kita jelaskan sudah mengikuti mekanisme yang ada, ya namanya orang mau mengantar kita mau gimana lagi,” jelasnya. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]