PKBM Solok Selatan Sejahtera Mulai Kembangkan Produk Ikan Lele Asap


Rabu, 09 September 2020 - 18:12:50 WIB
PKBM Solok Selatan Sejahtera Mulai Kembangkan Produk Ikan Lele Asap Pengurus PKBM S3 berfoto bersama.

HARIANHALUAN.COM - Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Solok Selatan Sejahtera (S3) bakal mengembangkan budidaya ikan Lele asap di Jorong Bariang Kampung Dalam, Nagari Lubuk Gadang Utara, Rabu (9/9/2020).

Ketua PKBM S3, Umi Kalsum didampingi Bendahara Khairul mengatakan budidaya ikan Lele asap tersebut bakal dimulai dengan jumlah bibit sebanyak 10 ribu ekor.

"Kita sudah jalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mendapatkan bibit lele unggul serta pemasaran produk nantinya," katanya saat ditanya Harianhaluan.com ketika peresmian Program Pendidikan Wirausaha.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda, Camat Sangir, Dahrizal, Disdikpora Solsel, Dinas Pertanian, Ketua Bamus Nagari Lubuk Gadang Utara dan tamu undangan lainnya.

Menurut Umi Kalsum, anggota PKBM yang dipimpinnya berjumlah total 80 orang anggota dan berdiri sejak 2010.

Sejuah ini PKBM S3 telah memiliki usaha menjahit bedcover, baju muslim, baju kebaya, serta usaha tata rias pengantin dan pelaminan. "Tujuannya untuk menolong anggota dan masyarakat dalam menopang ekonomi," bebernya.

Ketua DPRD Solsel, Zigo Rolanda menyebutkan dengan adanya usaha ini, supaya nantinya pengelola memperhatikan higenis produk ikan lele asap itu.

"Perhatikan pakannya, sebab dalam bisnis kuliner higenis produk menjadi tolak ukur produk. Supaya, sesuai standar kesehatan. Dan hindari pakan yang mempengaruhi kualitas produk. Seperti menghindari pakan yang berasal dari kotoran manusia, isi perut ayam dan daging lainnya," ujarnya.

Zigo mengatakan, budidaya ikan sangat potensial dikembangkan di kabupaten itu karena daerah ini kaya akan sumber daya air.

"Berdasarkan data BPS, konsumsi ikan pada 2019 sekitar 38 juta ton per-tahun yang terdiri dari ikan nila dan ikan emas," katanya.

Pihaknya juga menekankan pola pemasaran yang baik. Produk jika tidak ada manajemen pemasaran yang jelas maka sulit maju. "Target market harus jelas, kenyataan ikan kita di Solsel masih di impor. Ini harus serius dan fokus. Dan memiliki hobi," bebernya.

Ketua Bamus Lubuk Gadang Utara, Bulhasan berharap dengan berdirinya usaha tersebut, mampu mengangkat ekonomi keluarga dan masyarakat sekitar.

"Kami juga berharap dukungan pembinaan dan bantuan dalam rangka menopang kegiatan di PKBM dari instansi terkait," katanya.

Plt Camat Sangir Dahrizal mengapresiasi pihak Disdikpora yang mampu mencari anggaran ke tingkat pusat melalui APBN. "Semoga bisa ciptakan lapangan kerja dan berkembangnya pelaku UKM di daerah ini," katanya. (*)

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]