Luhut Klaim Banyak yang Minat Investasi di Indonesia, Salah Satunya Tesla


Rabu, 09 September 2020 - 18:28:12 WIB
Luhut Klaim Banyak yang Minat Investasi di Indonesia, Salah Satunya Tesla Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri acara Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo di Gedung Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, Rabu (9/9/2020). (Dok. PUPR)

HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim banyak yang berminat investasi di Indonesia, salah satunya Tesla di Amerika, mereka berminat membangun (pabrik) baterai lithium di Indonesia.

Demikian diutarakan Luhut saat memberikan sambutan dalam acara Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo di Gedung Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

"Sebelum saya mengakhiri sambutan saya, saya ingin sampaikan lagi peminat investasi ke Indonesia banyak, tadi saya baru ditelepon dari Tesla di Amerika mereka juga berminat membangun (pabrik) baterai lithium di Indonesia," kata Luhut.

Menurut Luhut, manajemen Tesla tertarik menanamkan modal lantaran Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia. Manajemen Tesla bahkan bertanya apakah cadangan nikel tanah air mumpuni.

"Saya bilang kau taruh investasinya di sini hari ini cadangannya kita kasih. Jadi kalau kita itu selalu sekarang mengubah dari comoodity base menjadi downstreem. Jadi produksi-produksi kita lihat hilirisasi. Itu yang akan mengubah indonesia menjadi negara yang hebat jadi masuk ke global supply chain," ujar Luhut dikutip dari CNBC Indonesia.

Dalam sejumlah kesempatan, dia memang kerap menyuarakan tekad Indonesia untuk melakukan hilirisasi pertambangan. Muara yang dibidik adalah baterai lithium yang merupakan komponen penting dalam pengembangan kendaraan listrik. Ia bahkan pernah menyebut ada lobi-lobi dari sejumlah negara agar Indonesia tidak mengembangkan program ini.

"Saya beserta K/L terkait hari ini berkoordinasi tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Di awal, saya tegaskan kepada teman-teman di jajaran K/L terkait untuk menyatukan pandangan bahwa kita tidak bisa main-main dengan lobi-lobi negara lain, hanya ada kepentingan nasional di balik pelaksanaan program ini," kata Luhut.

"Saya kira penyusunan peraturan seperti spesifikasi khusus, peta jalan, sampai penyediaan infrastruktur untuk pengisian daya kendaraan listrik, harus diharmonisasikan oleh lintas kementerian terkait," kata Luhut.

Eks Kepala Kantor Staf Presiden itu percaya Indonesia mampu memproduksi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di dalam negeri, karena Indonesia sudah menguasai modal awalnya yaitu Baterai Lithium yang merupakan komponen dasar energi kendaraan listrik. Baterai Lithium ini diperoleh dari hasil pengolahan bijih nikel lewat proses hilirisasi.

Ia mengatakan yang paling penting dibutuhkan saat ini adalah perumusan regulasi terkait pengurangan bea masuk, bagi komponen untuk mobil listrik yang sifatnya sementara agar harga mobil listrik dapat bersaing.

"Saya sepakat bahwa ekosistem industri ini juga bisa mendapatkan insentif, sehingga nantinya akan banyak menggerakkan roda perekonomian baru," katanya.

Menurut Luhut perlu dukungan konkret dari pemerintah untuk pengembangan awal kendaraan listrik. Caranya dengan menjadikan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas operasional pada Kementerian/Lembaga/BUMN/D, dan dukungan materil lewat insentif fiskal berbasis TKDN.

"Karena semakin tinggi TKDN, semakin tinggi insentifnya sehingga tercipta peta jalan industri yang dapat memicu tumbuhnya industri komponen dalam negeri," ujarnya.

Luhut mengatakan industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai bisa menjadi industri pionir untuk pasar dalam negeri yang potensial, bukan sekedar untuk menjadikan Indonesia sebagai pasar kendaraan listrik hasil produksi luar negeri. Jika lompatan besar dari bijih nikel menjadi pusat mobil listrik dunia ini berhasil diciptakan.

"Sehingga kami mampu menujukkan kepada dunia internasional bahwa di masa krisis yang dialami seluruh negara di dunia, kami tidak meratapinya. Tetapi kami sedang mempersiapkan diri menjadi pemegang kunci industri kendaraan listrik dunia dengan mengolah hasil kekayaan alam kita sendiri secara mandiri," katanya. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 September 2020 - 09:32:42 WIB

    Tekan Angka Kematian Covid-19, Ini Saran Luhut ke Kemenkes

    Tekan Angka Kematian Covid-19, Ini Saran Luhut ke Kemenkes HARIANHALUAN.COM — Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah berhasil menyusun protokol standar terapi penanganan Covid 19. Menko Marves Luhut B. Pandjaitan sebagai Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian.
  • Sabtu, 19 September 2020 - 08:57:59 WIB

    Kasus Covid-19 Tinggi Lagi, Luhut Salahkan Masyarakat

    Kasus Covid-19 Tinggi Lagi, Luhut Salahkan Masyarakat HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan pada Jumat (18/9) menggelar konferensi pers virtual. Ia memberikan penjelasan penugasan khusus yang diberikan Joko Widodo (Jokowi.
  • Jumat, 18 September 2020 - 14:01:52 WIB

    Masalah Apa? Luhut Warning Keras ke Pejabat Pentagon

    Masalah Apa? Luhut Warning Keras ke Pejabat Pentagon HARIANHALUAN.COM - Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengungkapkan sejumlah poin pembahasan dalam pertemuan antara Menko Marvest Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan dengan A.
  • Rabu, 16 September 2020 - 13:27:28 WIB

    Kenapa Jokowi Percaya kepada Luhut? Istana Beberkan Alasannya

    Kenapa Jokowi Percaya kepada Luhut? Istana Beberkan Alasannya HARIANHALUAN.COM - Tenaga Ahli Kedeputian Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian menyatakan, penunjukkan Luhut Binsar Pandjaitan untuk menekan kasus Covid-19 selama dua pekan merupakan kepercayaan Presiden Joko Widodo .
  • Rabu, 16 September 2020 - 07:25:58 WIB

    Ada Tugas Khusus untuk Luhut dari Presiden, Apa Ya?

    Ada Tugas Khusus untuk Luhut dari Presiden, Apa Ya? HARIANHALUAN.COM - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendapat tugas khusus dari Presiden Jokowi untuk menurunkan penambahan kasus harian Covid-19 di sembilan provinsi. Sembilan provinsi yang berko.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]