Pelindo III Dapat Kucuran Dana 'Jumbo' dari PMN, untuk Apa Saja?


Rabu, 09 September 2020 - 18:51:42 WIB
Pelindo III Dapat Kucuran Dana 'Jumbo' dari PMN, untuk Apa Saja? Pelabuhan Benoa Perluas Terminal Penumpang Kapal Pesiar (CNBC Indonesia/Muhammad Choirul Anwar)

HARIANHALUAN.COM - PT Pelindo III (Persero), akan mendapatan suntikan dana alokasi Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk tahun anggaran 2021 sebesar Rp1,2 triliun. Dana PMN tersebut akan digunakan untuk mendukung pengembangan tourism hub Pelabuhan Benoa di Bali.

Direktur Utama Pelindo III U Saefudin Noer mengatakan Pelindo III saat mengelola 43 pelabuhan di 7 provinsi yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, NTB, dan NTT.

"Kami juga membagi pengelolaan dalam 4 regional wilayah yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali Nusa, dan Kalimantan," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI, dikutip dari Rabu (9/9/2020).

Dia mengatakan perseroan akan mendapatkan PMN sebesar Rp 1,2 triliun. Dana itu akan diperuntukkan untuk pengerukan alur Pelabuhan Benoa. Pelindo III mendapat mandat dari pemerintah untuk mendukung Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) menjadi pariwisata kemaritiman di Indonesia.

"Pengembangan Benoa sebagai BMTH diharapkan punya manfaat sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan tingkat sosial, PDB industri pariwisata di Bali, penyerapan tenaga kerja dan UMKM. Dengan BMTH dengan kapasitas pelayanan, dengan alur yang bisa dilewati untuk kapal besar dan sedang," jelas mantan Dirut Jasa Tirta II ini.

"Pelebaran alur adalah kendala utama, sehingga investasi pengerukan dan pelebaran alur, dibutuhkan dana Rp 1,2 triliun, ini akan kita upayakan dapat digunakan secara proporsional," katanya.

Dia juga menjelaskan, dalam 5 tahun terakhir Pelindo III mampu memberikan kontribusi kepada negara dalam bentuk setoran dividen, setoran pajak, dan juga pendapatan negara buka pajak (PNBP).

"Sehingga dapat kami sampaikan dalam 5 tahun terhitung sejak 2015-2020 dari kontribusi Pelindo III, tercatat alhamdulillah telah dicatat Rp 11,6 T sudah kontribusi kepada negara," jelasnya.

Sebelumnya pemerintah memang merencanakan pemberian PMN terhadap Pelindo III sebesar Rp 1,2 triliun untuk mendukung pengembangan tourism hub Pelabuhan Benoa di Bali.

Dalam Pidato Nota Keuangan RAPBN 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyampaikan bahwa pembangunan pariwisata tahun 2021 dianggarkan dengan bujet sebesar Rp 14,4 triliun. Dana tersebut nantinya diarahkan untuk mendorong pemulihan ekonomi di sektor pariwisata.

Dalam Buku Nota Keuangan 2021, PMN kepada Pelindo III akan digunakan untuk melanjutkan pengerukan alur dan kolam Pelabuhan Benoa yang merupakan bagian dari pengembangan BMTH. Dengan pengerukan dan pelebaran alur pelayaran, maka kapal cruise (pesiar) generasi 6 (dengan panjang 350 meter) juga dapat bersandar di Pelabuhan Benoa. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 10:13:49 WIB

    Giliran Pelindo I Dirombak Erick, Ini Susunan Baru Direksi

    Giliran Pelindo I Dirombak Erick, Ini Susunan Baru Direksi HARIANHALUAN.COM - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan perombakan susunan direksi PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I (Persero). Hal tersebut berdasarkan SK Nomor SK-213/MBU/06/2020 yang diumumkan saat Rapat .
  • Senin, 13 Januari 2020 - 16:53:28 WIB

    Buruan Daftar! Anak Usaha Pelindo III Buka Lowongan Kerja

    Buruan Daftar! Anak Usaha Pelindo III Buka Lowongan Kerja JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III yang bergerak di bidang jasa tenaga kerja, yaitu PT Pelindo Daya Sejahtera (PT PDS) kembali membuka lowongan kerja terbaru..
  • Kamis, 25 Juli 2019 - 17:53:41 WIB

    Pansus Angket Pelindo II DPR Minta Jokowi Pecat Menteri BUMN

    Pansus Angket Pelindo II DPR Minta Jokowi Pecat Menteri BUMN JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Panitia Khusus (Pansus) Angket tahap kedua tentang Pelindo II meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) memecat Rini Soemarno dari kursi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dewan Perwakil.
  • Rabu, 23 Desember 2015 - 03:12:05 WIB

    DPR Ingatkan Jokowi Soal Rekomendasi Pansus Pelindo

    JAKARTA, HALUAN — DPR me­minta pemerintah untuk me­lak­­sanakan hasil rekomendasi pa­nitia khusus (Pansus) angket Pe­lindo II. Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto mengatakan, ka­lau pemerintah tidak melak­sa­nakan rekom.
  • Rabu, 09 Desember 2015 - 03:13:24 WIB

    Pansus: Soal Saham, Pelindo Tidak Transparan

    JAKARTA, HALUAN — Ang­gota Pansus Pelindo II, Nasril Bahar menyatakan, petinggi PT Pelindo II, RJ Lino dan Orias Moedak tidak transparan mengenai jual beli saham Jakarta In­ter­national Container Ter­minal (JICT) dengan.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]