Dua Anggota DPRD Sumbar Dapil V Mengundurkan Diri


Rabu, 09 September 2020 - 21:17:41 WIB
Dua Anggota DPRD Sumbar Dapil V Mengundurkan Diri Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Setahun sudah 65 anggota DPRD Sumbar dilantik. Tetapi kini, dari 65 anggota dewan yang dilantik pada 28 Agustus 2019 itu, sudah ada yang mengundurkan diri. Dua diantaranya dari Daerah Pemilihan Sumbar V meliputi Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Meski sudah menjadi anggota dewan terhormat, kursi empuk sebagai Kepala Daerah juga jadi incaran bagi orang-orang yang sudah sukses terpilih di Pemilu 2019 lalu. Mereka pun rela meninggalkan jabatan legislatif yang baru seumur jagung diemban demi mengejar jabatan sebagai penguasa di daerah.

Dua anggota DPRD Sumbar Daerah Pemilihan Sumbar V contohnya, rela mengundurkan diri untuk mengejar kursi Bupati Limapuluh Kota. Yakni anggota DPRD Sumbar Fraksi Demokrat Darman Sahladi dan Fraksi Golkar Safaruddin Datuak Bandaro Rajo.

Pada 2019 lalu, Darman Sahladi dan Safaruddin saling berpacu merebut kursi DPRD Sumbar, pada 2020 ini keduanya kembali berkompetitor untuk merebut kursi bupati. Di Pilkada nanti, bisa saja salah satu diantara mereka sukses jadi Bupati, bisa juga kedua-duanya tidak jadi apa-apa dan tidak terpilih sebagai pejabat negara karena ada kandidat lain yang ikut maju merebutkan kursi Bupati Limapuluh Kota.

Darman Sahladi sendiri sudah melayangkan surat pernyataan pengunduran diri sebagai anggota DPRD Sumbar pada 1 September lalu kepada KPU Sumbar dan Pimpinan DPRD Sumbar.

"Sehubungan dengan ketentuan Pasal 7 ayat 2 huruf S Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 dengan ini saya menyatakan mengundurkan diri sebagai Anggota DPRD Sumatera Barat sejak saya ditetapkan sebagai pasangan calon Bupati Limapuluh Kota oleh KPU Sumatera Barat," tulis Darman Sahladi dalam surat pernyataan pengunduran diri bermaterai Rp6000.

Surat pernyataan pengunduran diri Ketua DPC Demokrat Limapuluh Kota sebagai anggota dewan tersebut juga sudah diterima oleh Sekretaris DPRD Sumbar dengan nomor 161/730/Set-DPRD/2020.

Hal yang sama juga dilakukan Safaruddin Datuak Bandaro Rajo. Ketua DPD Golkar Limapuluh Kota itu, melayangkan surat penyataan pengunduran diri sebagai anggota DPRD Sumbar pada 2 September lalu dan langsung diterima oleh Sekretaris DPRD Sumbar dihari yang sama. Berdasarkan surat nomor 161/729/Set-DPRD/2020 yang diterbitkan oleh Sekretariat DPRD Sumbar, untuk pemberhentian Safaruddin Datuak Bandaro Rajo sebagai anggota DPRD Sumbar akan diproses sesuai aturan yang berlaku.

Jauh-jauh hari, Darman Sahladi dan Safaruddin sudah menyatakan sikap siap untuk mundur dari jabatan sebagai anggota DPRD Sumbar untuk ikut bertarung di Pilkada 2020. Saat Pileg 2019 lalu, Darman Sahladi berhasil meraup 18.561 suara sekaligus suara terbanyak di Dapil V. Kemudian, Safaruddin berhasil meraup 9681 suara.

Di Pilkada 2020, Darman Sahladi berpasangan dengan Maskar sekaligus mantan walinagari serta pengusaha sukses bidang properti yang diusung Demokrat-PAN-Nasdem. Sedangkan Safaruddin menggandeng Rizki Kurniawan sekaligus pengusaha muda sukses bidang biro perjalanan umrah yang diusung Golkar-PPP-PKS. (*)

Reporter : Dadang Esmana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]