Filosofi Orang Minang 'di Mana Bumi Dipijak, di Situ Langit Dijunjung'


Rabu, 09 September 2020 - 21:21:54 WIB
Filosofi Orang Minang 'di Mana Bumi Dipijak, di Situ Langit Dijunjung' Ustad Abdul Somad di ILC.

HARIANHALUAN.COM - Kontroversi mengenai ujaran Puan Maharani mengenai Pancasilais Provinsi Sumatra Barat kembali dibahas secara gamblang di Indonesia Lawyer Club TVOne pada Selasa (8/9/2020) malam.

Menanggapi polemik yang terjadi, Ustad Abdul Somad memberikan tausiahnya di depan peserta diskusi. Ia mengatakan tidak ada yang lebih paham mengenai suatu isi tesk kecuali orang yang membacakannya. Sebab, orang lain hanya bisa menebak-nebak apa maksud sebenarnya.

"Tidak ada yang paling mengerti mengenai satu teks kecuali orang yang mengucapkannya atau menuliskannya. Karena teks itu tidak dapat menjelaskan dirinya sendiri. Sehingga kita hanya bisa menginterpretasikannya. Saya tidak bisa memahami teks yang dikeluarkan oleh manusia, saya hanya bisa menebak-nebak saja," katanya.

Adapun terkait Minangkabau dan Pancasila di tanah Sumbar, UAS menilai siapapun bisa melihat satu per satu makna dari sila-sila Pancasila tersebut. Contohnya saja, orang Minangkabau tidak hanya percaya Tuhan tapi bisa membuat orang yang tak ber-Tuhan menjadi percaya.

"Minangkabau merupakan suluh diantara gelap yang menbawakan Islam. Masyarakat Minang juga menguatamakan bermusyawarah dalam mengambil keputusan," lanjutnya lagi.

Selain itu, UAS juga menerangkan wujud nilai-nilai Pancasila yang ada di Minangkabau. Seperti masyarakat Minang sejauh apapun pergi merantau akan memegang teguh satu prinsip yang membuatnya bisa diterima di manapun.

Di Minangkabau perempuannya sangat dihormati dan tidak pernah mengalami diskriminasi. Karena perempuan di Minang memiliki harta pusaka tinggi yang tidak bisa dibagi. Sehingga harta tersebut dapat menanggung hidup perempuan itu walaupun tanpa orang tua ataupun suami.

Diakhir tausiahnya ia memberikan penerangan bahwa lebih baik sebelum berujar agar dipikirkan terlebih dahulu apa maksud dan bagaimana cara pengungkapannya. "Saya sebelum tampil juga berlatih dulu mungkin lebih baik jika berbicara ditulis agar tidak terpeleset," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]