Soal Puan, Fadli Zon: Pancasila Jadi Alat Legitimasi Politik, Seolah Dialah yang Paling Pancasilais


Rabu, 09 September 2020 - 21:37:16 WIB
Soal Puan, Fadli Zon: Pancasila Jadi Alat Legitimasi Politik, Seolah Dialah yang Paling Pancasilais Ketua Umum Ikatan Keluarga Minang Fadli Zon di Indonesia Lawyers Club di TVOne pada Selasa (8/9).

HARIANHALUAN.COM - Pernyataan Puan Maharani mengenai Sumbar belum Pancasilais mendapat kecaman dari beberapa pihak. Masyarakat Sumbar khususnya suku Minangkabau merasa pernyataan Puan tersebut mendiskreditkan tanah Minang dan menilai Pancasila tidak berjalan dengan baik di Sumbar.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Ikatan Keluarga Minang Fadli Zon di Indonesia Lawyers Club di TVOne pada Selasa (8/9) mengatakan Pancasila saat sekarang menjadi alat legitimasi politik.

"Pancasila saat sekarang dijadikan alat untuk legitimasi politik seolah-olah paling Pancasilais dan orang lain tidak. Pancasila bukan lagi jadi pemersatu tapi jadi alat pemecah belah," katanya.

Fadli juga menjelaskan bahwa masyarakat Minangkabau jauh sebelum Indonesia merdeka telah paham mengenai toleransi dan menjunjung tinggi persatuan. Kemudian sebelum Indonesia merdeka bisa dilihat banyaknya pemikiran-pemikiran yang lahir dari orang Minangkabau.

"Contohnya saja M Yamin ikut dalam mengoreksi Pancasila dan juga teks Proklamasi. Terlalu banyak contoh dan bukti di mana orang Minang itu Pancasilais dan sudah berpikir jauh sebelum Indonesia merdeka kemudian ikut menghela sejarah," jelasnya.

Menurut Fadli Zon, tindakan yang harus dilakukan Puan terkait kontroversi ucapannya hanya mengklarifikasi dan meminta maaf karena cukup banyak masyarakat yang tersinggung.

"Intinya cuma klarifikasi karena cukup banyak yang tersinggung. Minta maaf dan selesai," ungkapnya.

Sebab, jika Puan tidak segera mengklarifikasi maka ada multiinterpretasi dari teks tersebut. Menurut Ketua Umum Ikatan Keluarga Minang tersebut merasa ungkapan itu tidak cocok dan tidak pas jika diucapkan sekarang. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]