Awas! Pesan Berbahaya Ini Bisa Bikin WhatsApp di HP Bermasalah


Kamis, 10 September 2020 - 06:19:45 WIB
Awas! Pesan Berbahaya Ini Bisa Bikin WhatsApp di HP Bermasalah Foto: Endgadget

HARIANHALUAN.COM - Para pengguna WhatsApp kini perlu berhati-hati dalam menerima pesan. Pasalnya, ditemukan sebuah pesan aneh yang membuat kinerja aplikasi WhatsApp pada smartphone Android dan iPhone terhenti mendadak atau crash.

Dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Kamis (10/9/2020), permasalahan tersebut dibagikan di forum online dan diungkap oleh WABetaIndo. Pesan tersebut berisi tulisan aneh yang tidak jelas dan tidak masuk akal.

Tak hanya melalui pesan teks, media penyebarannya juga melalui vCard (Virtual Contact Card). Saat pesan dibuka, WhatsApp otomatis akan hang dan sulit untuk dioperasikan seperti biasanya.

Menurut Ray Walsh, pakar privasi digital ProPrivacy, permasalahan tersebut sangat mengkhawatirkan dikarenakan terdapat sekitar 1,5 miliar pengguna WhatsApp di seluruh dunia.

"Setelah pesan diterima, aplikasi akan crash, dan bahkan menutup dan membuka kembali aplikasi tidak akan memperbaiki masalah," tutur Ray Walsh, dalam Techradar, Selasa (8/9). Menurut Ray pula, sebelum menyebar secara global permasalahan ini bermula dari Brasil.

Dalam menanggulangi permasalahan ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu melindungi perangkat Anda dari pesan tidak jelas tersebut. Anda dapat melakukan pengaturan pada aplikasi WhatsApp untuk membatasi siapa saja yang dapat menambahkan kontak Anda ke grup chat.

Caranya, buka pilihan 'Pengaturan' WhatsApp, lalu buka bagian 'Privasi' dan ubah pengaturan 'Grup'. Hal ini dilakukan agar hanya kontak yang dapat menambahkan ke grup.

Ray juga menyarankan jika ada yang sudah telanjur mendapatkan pesan, segera hapus pesan tersebut dan blokir pengirimnya.

Untungnya, pihak WhatsApp sudah mengetahui dan segera menindaklanjuti permasalahan ini. Pihak WhatsApp juga telah meluncurkan update perangkat lunak terbaru yang berkaitan dengan permasalahan ini dan sudah dapat diperbarui serta diunduh kapan pun. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Juli 2020 - 07:55:08 WIB

    Awas! Banyak Penipu Berkeliaran di Instagram

    Awas! Banyak Penipu Berkeliaran di Instagram HARIANHALUAN.COM - Instagram merupakan salah satu media sosial yang balik digunakan anak muda. Namun waspadalah karena banyak penipu berkeliaran di media berbagi foto milik Facebook ini..
  • Jumat, 17 April 2020 - 22:52:58 WIB

    Awas! Facebook 'Intai' Pengguna yang Sebar Hoax Corona

    Awas! Facebook 'Intai' Pengguna yang Sebar Hoax Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Facebook menerapkan kebijakan baru untuk mencegah penyebaran hoax dan misinformasi seputar virus Corona di platform-nya. Kali ini mereka akan memberi peringatan bagi pengguna yang berinteraksi .
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 18:27:39 WIB

    Awas! Twitter Bakal Lenyapkan Tweet yang Bikin Corona Makin 'Perkasa'

    Awas! Twitter Bakal Lenyapkan Tweet yang Bikin Corona Makin 'Perkasa' JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Twitter akan mengambil langkah-langkah tambahan untuk menghapus tweet yang menempatkan orang pada risiko tertular virus corona..
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 09:05:46 WIB

    Awas! 17 Aplikasi Ini Bikin Baterai Ponsel Boros

    Awas! 17 Aplikasi Ini Bikin Baterai Ponsel Boros JAKARTA, HARIAANHALUAN.COM - Bitdefender, perusahaan cybersecurity dan antivirus menemukan 17 aplikasi mobile yang mengurasi daya baterai ponsel dengan cepat habis..
  • Ahad, 08 Desember 2019 - 18:06:26 WIB

    Awas! Gara-Gara Masalah Ini WhatsApp Anda Bisa Dihapus

    Awas! Gara-Gara Masalah Ini WhatsApp Anda Bisa Dihapus JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengguna layanan chat WhatsApp tak bisa begitu saja abai dengan masa aktif akun WhatsApp mereka. Ini karena pihak WhatsApp bisa saja menghapus akun Anda, karena sudah melewati batas tak aktif.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]