Viral di Medsos Foto Sedih Masa Kecil Jack Ma, Benarkah?


Kamis, 10 September 2020 - 06:38:44 WIB
Viral di Medsos Foto Sedih Masa Kecil Jack Ma, Benarkah? Jack Ma mini.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Foto yang diklaim sebagai Jack Ma saat masa kecilnya beredar di media sosial terkhusus Facebook. Foto tersebut bersama beberapa orang dekat. Tak ayal, ribuan orang pun sudah membagikannya. Benarkah itu Jack Ma pada masa kecilnya?

Ternyata, foto tersebut bukan Jack Ma masa kecil. Faktanya, bocah tersebut hanya mirip sang pendiri Alibaba, bukan dia.

Kantor berita AFP melacak foto viral tersebut dipublikasikan di Facebook pada pertengahan Agustus silam. Narasinya memang cukup inspiratif, di mana intinya, Jack Ma bocah dengan kondisi seperti itu ternyata dapat sukses luar biasa.

"Ini Jack Ma di masa silam. Mungkinkah bocah miskin di foto ini menjadi orang terkaya di dunia pada masa depannya? Sekarang semua orang tahu bahwa dia ini orang terkaya di Asia," begitu tertulis dalam naskahnya.

Memang benar bahwa Jack Ma berasal dari keluarga kurang berada dan berusaha keras untuk berhasil dalam hidupnya. Saat ini dengan kekayaan di kisaran USD 52 miliar, dia konsisten masuk daftar manusia paling tajir di China, bahkan Asia dan dunia.

Namun demikian, foto bersangkutan bukanlah seorang Jack Ma. Pada bulan November 2016, media China Daily meliput berita dengan foto tersebut. Bocah itu jadi populer lantaran mirip Jack Ma dan akhirnya mendapatkan bantuan dari sang pendiri Alibaba.

'Pendiri Alibaba akan Mendukung Jack Ma Mini Sampai Lulus Kuliah," demikian judul berita tersebut. Nama bocah bersangkutan adalah Fan Xiaoqin dan dia tumbuh di keluarga kekurangan.

"Jack Ma mini ini tinggal di Yongfeng County, Provinsi Jiangxi. Kondisi keluarganya kurang beruntung, ibunya sakit, ayahnya kehilangan kaki, neneknya kena Alzheimer," tulis China Daily.

"Jack Ma mini jadi tenar setelah orang sedesanya memposting videonya online di 2015. Internet meledak membahas betapa miripnya dia dengan Jack Ma," tambah media berbahasa Inggris itu. Jadi sudah jelas, dia bukan Jack Ma.

Media mancanegara termasuk Strait Times, The Hindu sampai BBC juga memberitakannya. Hanya saja dalam laporan BBC, ada bantahan dari Alibaba bahwa Jack Ma memberi bantuan pada anak tersebut. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]