Kisah 'Rapunzel Indonesia' yang Viral di TikTok


Kamis, 10 September 2020 - 07:12:59 WIB
Kisah 'Rapunzel Indonesia' yang Viral di TikTok Roro Zahra Layungsari / Foto: Instagram @rorolayungsari

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Video TikTok yang memperlihatkan seorang wanita memiliki rambut panjang bak Rapunzel di kehidupan nyata menjadi viral. Karena panjang rambutnya yang tidak biasa, hampir sebetis, tidak sedikit netizen yang merasa kagum melihatnya.

Video viral itu pertama kali diunggah oleh seorang teman dari wanita sang pemilik rambut panjang di akun TikTok @puyaiueo pada 28 Agustus 2020. Hingga kini unggahannya itu telah ditayangkan lebih dari 2.2 juta kali dan memperoleh 440 ribu likes.

Diketahui sang wanita pemilik rambut panjang itu bernama Roro Zahra Layungsari. Dirinya memang sengaja memanjangkan rambutnya karena tradisi turun temurun yang ada di keluarganya. Sehingga tidak hanya Roro, melainkan adik, ibu, dan neneknya pun memiliki rambut panjang seperti dirinya.

"Hal yang melatarbelakangi saya untuk memanjangkan rambut datang dari nenek saya (saya memanggil beliau Eyang). Eyang sangat menghindari pemotongan rambut, layaknya wanita-wanita Jawa zaman dahulu. Doktrinasi tersebut pun akhirnya diturunkan ke ibu saya, saya, dan adik saya," jelas Roro ketika dihubungi oleh Wolipop melalui DM Instagram pada Rabu (9/9/2020).

Wanita berusia 19 tahun itu mengaku bahwa memiliki rambut panjang justru menambah kepercayaan dirinya. Itulah mengapa dirinya tidak pernah berniat untuk memotong pendek rambutnya. Sampai saat ini Roro sendiri mengaku bahwa dirinya tidak pernah benar-benar memotong rambutnya, hanya merapihkan dan memotong bagian ujung rambutnya saja setiap beberapa bulan sekali. Dengan demikian rambutnya akan tetap rapih dan sehat.

Untuk perawatan rambut panjangnya sendiri, wanita asal Jakarta itu mengaku tidak mengalami kesulitan. Roro bahkan jarang pergi ke salon untuk perawatan rambutnya.

"Saya tumbuh besar dengan menyaksikan bagaimana Ibu dan Eyang merawat rambut mereka. Maka dari itu, saya tahu betul tips and trick serta kebiasaan yg mempermudah saya dalam merawat rambut. Tidak ada treatment khusus yg saya lakukan. Bahkan saya termasuk org yg jarang ke salon, karena pasti akan selalu dikenakan biaya tambahan," jelas Roro.

Roro juga menjelaskan bahwa agar rambutnya tetap sehat, dia tidak pernah menggunakan alat-alat styling rambut yang mengeluarkan energi panas. Menurutnya, memperlakukan rambut dengan selembut mungkin sangat penting untuk mencegah kerusakan pada rambut. Walaupun demikian tidak dipungkiri bahwa Roro juga kerap kali merasakan kerontokan rambut.

"Kerontokan rambut adalah hal yang wajar terjadi sebagai proses regenerasi, terlepas dari seberapa panjang rambut seseorang. Saya sendiri kerap merasakan kerontokan rambut berlebih akibat beban pikiran, hormon menstrual, dan hal2 lainnya. Namun, perlu diingat bahwa rambut akan tumbuh kembali seiring berjalannya waktu, sehingga kerontokan dalam ambang batas normal tidak menjadi problem utama bagi saya," jelasnya.

Diakui Roro bahwa memiliki rambut panjang kerap kali membuatnya jadi pusat perhatian. Dirinya pun sempat beberapa kali mengalami pengalaman kurang mengenakkan karena rambutnya itu.

"Terdapat hal-hal kurang mengenakkan yang terkadang datang dari lingkungan sekitar. Seringkali saya dibuat kaget jika ada orang yang datang dan tiba-tiba menyentuh rambut saya tanpa memberitahukan saya terlebih dahulu. Selain itu, rambut panjang saya juga kerap mengundang perhatian sehingga celotehan khalayak umum tidak dapat saya hindari. Saya paham betul bahwa menjadi yg berbeda akan mengakibatkan pada terpusatnya perhatian. Hingga saat ini, saya pun lebih banyak memaklumi dan memilih untuk tidak mempermasalahkan hal tersebut," jelas Roro.

Walaupun demikian, hingga saat ini Roro mengaku belum memiliki keinginan untuk memotong pendek rambutnya. Dirinya justru bertekad untuk terus mempertahankan rambut panjangnya. Menurutnya rambut panjangnya itu bisa membuatnya lebih mudah dikenali.

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]