Madu Bermanfaat untuk Merawat Kulit, Jerawat Minggat


Kamis, 10 September 2020 - 08:01:25 WIB
Madu Bermanfaat untuk Merawat Kulit, Jerawat Minggat Ilustrasi madu

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sampai saat ini, madu juga merupakan bahan yang paling banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti perawatan kulit, kesehatan, dan memasak. Sebagian orang menyebut madu sebagai nektar emas ajaib yang memiliki berbagai khasiat.

Selama berabad-abad, madu telah menjadi bahan utama dan terpercaya untuk perawatan kulit dan rambut. Madu juga sudah dimanfaatkan sejak zaman kuno, salah satunya digunakan sebagai bahan dalam cairan pembalseman oleh orang Mesir.  

Ada alasan kuat mengapa madu digunakan secara luas sebagai bahan dasar produk kecantikan. Madu mengandung enzim yang memungkinkan penyerapannya berlangsung dengan mudah, sehingga melembapkan kulit dan mengembalikan kilau alaminya.

Untuk kepentingan ini, pilihannya bisa memakai produk kecantikan berbahan dasar madu atau menyiapkan masker madu secara mandiri. Caranya, oleskan satu sendok makan madu pada wajah yang bersih dan kering. Diamkan 15-20 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Khasiat lainnya adalah mengurangi jerawat dan masalah kulit. Madu memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan mengatasi minyak berlebih dari kulit. Madu juga dapat mengecilkan pori-pori dan mengatasi penyumbatan pori-pori yang memicu timbulnya jerawat.  

Untuk keperluan ini, oleskan madu mentah pada area yang berjerawat dan bermasalah, diamkan minimal 20 menit, lalu bilas dengan air. Manfaat lain, madu memiliki sifat antiseptik sehingga dapat membantu meringankan bekas luka dan bahkan menghilangkannya.

Guna mempercepat pemulihan kulit, siapkan masker madu dengan campuran satu sendok teh madu mentah dengan satu sendok teh minyak zaitun atau minyak kelapa. Oleskan ke area bekas luka, pijat dengan gerakan memutar selama dua menit, lalu basuh dengan waslap yang sudah direndam air hangat.

Manfaat lain, madu adalah bahan alami untuk menghidrasi kulit serta mengurangi kerutan. Madu juga terbukti sebagai eksfoliator luar biasa karena membantu mengangkat sel kulit mati dengan lembut, tidak membuat kulit menjadi merah dan iritasi.  

Ramuan eksfoliator madu bisa dibuat dengan mencampurkan dua sendok makan madu dengan satu sendok makan soda kue. Meski madu adalah bahan alami, tetap saja ada risiko alergi pada beberapa orang, sehingga disarankan berhati-hati, dikutip dari laman Times Now News. (*)

loading...
 Sumber : Republika /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]