Ini Tiga Orang Pertama yang Menjadi Penghuni Neraka


Kamis, 10 September 2020 - 09:51:04 WIB
Ini Tiga Orang Pertama yang Menjadi Penghuni Neraka Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Beribah dan beramal butuh keikhlasan dan ketulusan hanya mengharap ridho Allah SWT. Jangan sampai kita menjadi salah satu dari tiga orang yang lebih dulu merasakan neraka seperti dikisahkan dalam hadist ini.

Seperti dilansir dari Sahijab.com, Kamis (10/9/2020), dikisahkan dalam Kitab Sunan Tirmidzi, Abu Hurairah sedang dikerumuni oleh banyak orang di Kota Madinah. Abu Hurairah mengatakan bahwa akan memberitahu sebuah hadis yang pernah diucapkan oleh Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

Hadis tersebut disampaikan Rasulullah SAW kepada Abu Hurairah saat tidak ada orang lain lagi bersama mereka. Namun saat hendak menyampaikan hadis itu, Abu Hurairah beberapa kali menangis sangat keras hingga akhirnya tersungkur.

Pada akhirnya Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda kepadanya:

Sesungguhnya pada hari kiamat Allah akan turun kepada hamba-hamba-Nya untuk menetapkan keputusan di antara mereka. Setiap umat datang dengan membungkuk. Orang pertama yang dipanggil adalah orang yang menghafal Alquran, orang yang berjihad di jalan Allah, dan orang yang memiliki banyak harta.

Allah lalu bertanya kepada orang yang membaca atau menghafal Alquran: Bukankah Aku telah mengajarkan kepadamu apa yang telah Aku turunkan kepada utusan-Ku? Orang itu menjawab: Benar wahai Allah.

Allah kembali bertanya: Lantas apa yang telah kamu lakukan dengan apa yang telah kamu ketahui? Orang itu menjawab: Aku bangun di waktu malam dan siang hari.

Allah berfirman kepadanya: Kamu telah berdusta. Malaikat berkata: Kamu telah berdusta.

Allah berfirman: Kamu hanya ingin dikatakan bahwa si fulan adalah seorang pembaca Alquran yang baik. Dan sebutan itu sudah didapatkan.

Lalu dihadapkan kepada Allah orang yang diberikan harta. Allah berfirman kepadanya: Bukankah Aku telah melapangkan rezeki bagimu hingga Aku tidak membiarkan dirimu membutuhkan (meminta) kepada orang lain? Orang itu menjawab: Benar, wahai Allah.

Allah bertanya: Apa yang telah kamu lakukan dengan apa yang telah Aku anugerahkan kepadamu? Orang itu menjawab: Aku menyambung silaturahim dan bersedekah.

Allah berfirman kepadanya: Kamu telah berdusta. Malaikat berkata kepadanya: Kamu telah berdusta.

Allah berfirman: Akan tetapi dirimu hanya ingin dikatakan bahwa si fulan (dirimu) adalah orang yang dermawan. Sebutan itu pun telah didapatkan.

Lalu dihadapkan orang yang terbunuh di jalan Allah. Allah lalu bertanya kepadanya: Karena apa dirimu terbunuh? Orang itu menjawab: Aku diperintahkan untuk berjihad di jalan-Mu. Aku lalu berperang hingga terbunuh.

Allah berfirman kepadanya: Kamu telah berdusta. Malaikat berkata kepadanya: Kamu telah berdusta.

Allah berkata kepadanya: Akan tetapi kamu hanya ingin dikatakan bahwa si fulan (dirimu) adalah orang yang pemberani. Sebutan itu telah didapatkan.

Rasulullah lalu memukul lututku dan bersabda: Wahai Abu Hurairah, mereka bertiga adalah makhluk Allah pertama yang merasakan api neraka pada hari kiamat nanti.

Kisah pengadilan akhirat tersebut terdapat dalam hadis Rasulullah SAW dari Abu Hurairah. Hadis tersebut diriwayatkan Imam at-Tirmidzi, Ibnu Hibban dan al-Hakim. Kisah yang sama dalam teks hadis yang berbeda juga diriwayatkan oleh Imam Muslim, An-Nasa-i, Imam Ahmad dan Baihaqy. (*)

loading...
 Sumber : Sahijab.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 15 September 2020 - 14:45:26 WIB

    Mulut Anda Berbau? Begini Cara Mengatasinya

    Mulut Anda Berbau? Begini Cara Mengatasinya HARIANHALUAN.COM-Sebagian orang terkadang mengalami bau mulut setelah makan makanan seperti bawang putih dan bawang bombay. Namun ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan bau tidak sedap, salah satunya diabetes. .
  • Jumat, 11 September 2020 - 13:21:03 WIB

    Usai Tahiyat Akhir dan Sebelum Salam: Doa Ini Dianjurkan Dibaca

    Usai Tahiyat Akhir dan Sebelum Salam: Doa Ini Dianjurkan Dibaca HARIANHALUAN.COM – Saling mendoakan adalah salah satu yang menjadi ciri khas dan adab umat Islam ketika saling bertemu maka. Doa tersebut bisa disampaikan dengan mengucapkan salam. Jika ditelusuri lebih komplit, sebelum sa.
  • Kamis, 10 September 2020 - 10:07:57 WIB

    Inilah Hal yang Bisa Dilakukan Suami agar Masuk Surga

    Inilah Hal yang Bisa Dilakukan Suami agar Masuk Surga HARIANHALUAN.COM – Sosok suami yang baik bagi seorang istri akan berganjar pahala. Untuk itu, Allah SWT berfirman, “Dan, bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian, bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarla.
  • Sabtu, 08 Agustus 2020 - 11:24:10 WIB

    Terbit Pertama Tahun 1948 di Bukittinggi, Begini Transformasi Haluan Hingga Menjadi Haluan.co

    Terbit Pertama Tahun 1948 di Bukittinggi, Begini Transformasi Haluan Hingga Menjadi Haluan.co HARIANHALUAN.COM - Pada 19 Desember 1951, Harian Haluan menerbitkan sebuah artikel yang memicu polemik besar di Sumatra Barat. Tulisan itu berjudul “Adat Bukan Bersendi Syarak”, ditulis oleh M.A Dt. Bungsu Ketua Bagian Pe.
  • Kamis, 16 Juli 2020 - 14:04:23 WIB

    Kuatkan Iman, 5 Setan Ini Selalu Menggoda Manusia Tanpa Henti

    Kuatkan Iman, 5 Setan Ini Selalu Menggoda Manusia Tanpa Henti HARIANHALUAN.COM - Setan setan adalah makhluk tak kasat mata yang sering menggangu manusia, menggoda manusia agar terjerumus ke kemaksiatan. Setan diciptakan oleh Allah SWT dengan umur yang panjang sampai hari akhir nanti. Se.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]