Jakarta Terapkan PSBB Total, Tjahjo: PNS Kerja di Rumah!


Kamis, 10 September 2020 - 12:39:23 WIB
Jakarta Terapkan PSBB Total, Tjahjo: PNS Kerja di Rumah! Tjahjo Kumolo

HARIANHALUAN.COM - Beberapa waktu lalu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberlakukan sistem kerja baru bagi aparatur sipil negara (ASN).

Selain mengatur jam kerja, para abdi negara akan diatur kehadirannya berdasarkan kategori zona risiko dan kabupaten/kota. Aturan ini khusus berlaku bagi para ASN yang bekerja dari kantor atau work from office (WFO).

Meski demikian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memutuskan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang mulai berlaku pada Senin 14 September 2020.

"Dalam rapat disimpulkan bahwa kita akan menarik rem darurat yang itu artinya kita terpaksa kembali menerapkan PSBB seperti pada masa awal pandemi dulu. Bukan lagi PSBB transisi tapi kita harus melakukan PSBB sebagaimana masa awal dulu," ujar Anies.

"Kita bersepakat menarik 'rem darurat' dan kita akan menerapkan seperti arahan Bapak Presiden di awal wabah dahulu. Bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan usahakan beribadah juga dari rumah," papar Anies.

Lantas, bagaimana sistem bekerja para PNS setelah keputusan tersebut?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo pun angkat bicara perihal keputusan pemerintah provinsi kembali memberlakukan PSBB secara ketat.

Berbicara melalui pesan singkatnya, Tjahjo menjelaskan, apabia suatu wilayah ditetapkan sebagai zona merah - dalam hal ini DKI Jakarta - maka aturannya akan mengacu pada Surat Edaran (SE) 58/2020.

"Instansi di wilayah tersebut melaksanakan WFH [Work From Home] full atau bekerja di rumah secara full," kata Tjahjo, Kamis (10/9/2020).

Meski demikian, Tjahjo menegaskan bahwa masing-masing-masing instansi bisa menerapkan sistem kerja secara bergantian yang disesuaikan dengan kondisi kedinasan kerja masing-masing kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah.

"Tetap dengan sistem shift, ada piket maksimal 25% kerja kedinasan kantor disesuaikan," katanya. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]