Takjub dengan Potensi Pertanian Agam, Audy Joinaldy Bahas Industri Gula dengan Masyarakat Lawang


Kamis, 10 September 2020 - 13:08:26 WIB
Takjub dengan Potensi Pertanian Agam, Audy Joinaldy Bahas Industri Gula dengan Masyarakat Lawang Audy Joinaldy bersama dengan warga Jorong Marambung, Nagari Baringin, Palembayan, Agam.

HARIANHALUAN.COM - Tingginya volume penangkapan ikan air tawar yang tak sebanding dengan regenerasinya menjadi perhatian serius Calon Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy.

Maka itu sebagai upaya mengembalikan dan meningkatkan jumlah populasi ikan di perairaan air tawar, pengusaha muda sukses asal Minang itu melakukan pelepasan benih ikan di Lubuk Larangan, Jorong Pasar Rabaa, Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Rabu (9/9/2020).

"Kita berharap bibit ikan yang dilepaskan di Lubuk Larangan bisa dinikmati oleh warga sekitar pada saat pembukaan Lubuk Larangan," kata Tokoh Milenial Sumbar itu.

Audy juga bersilahturrahmi dengan kelompok pemuda Tuah Sakato dan Pelepasan ikan di lubuk larangan Jorong Pasar Rabaa, Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya. Dihadiri oleh masyarakat dan pemuda-pemuda Pasar Rabaa.

Sebelum melepas bibit ikan, Audy terlebih dahulu bersilahturrahmi dan makan siang bersama dengan masyarakat dan kelompok tani yang ada di Jorong Marambung, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan Dihadiri oleh Ketua kelompok tani di Jorong Marambung dan masyarakat Marambung.

Acara yang berlangsung hangat itu diselingi makan siang bersama dengan kelompok tani dan masyarakat. Para petani begitu semangat diskusi singkat tentang pertanian tebu dan jagung dan ditutup shalat berjamaah di mushallah.

"Berkunjung ke tempat pengolahan tebu menjadi gula tebu yang masih tradisional menggunakan tenaga kerbau adalah pengalaman yang baru bagi saya. Ini adalah sebuah hal yang menarik bagi masyarakat luar tentunya," kata Audy.

Para petani menyebutkan, harga jagung sekarang hanya berkisar Rp2.500-3.000 per kg dan tidak terlalu menguntungkan petani. Petani juga akan melakukan peremajaan tanaman tebu, dan berpotensi melakukan pembukaan industri gula tebu.

"Kami melihat potensi-potensi dari tebu lainnya yang belom terkelola dengan baik," kata Audy.

Tim Media Audy, Nuzul Amri menambahkan, acara silahturrahmi dan bincang-bincang hangat dengan wali nagari di Kabupaten Agam di Villa Lawang Park menjadi penutup kegiatan Audy di Agam. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]