Pilkada Badunsanak yang Sadar Hukum


Kamis, 10 September 2020 - 18:47:10 WIB
Pilkada Badunsanak yang Sadar Hukum Wakasek Hukum dan HAM DPD KNPI Kota Padang, Agung Adithia Lingga.

HARIANHALUAN.COM - Pilkada Sumbar sebentar lagi akan digelar. Para kandidat pun sudah mendaftarkan diri ke KPU setempat. Di Pilgub Sumbar sendiri setidaknya mengapung empat nama pasangan calon. Yaitu, Mahyeldi-Audy Joinaldy, Nasrul Abit-Indra Catri, kemudian ada Fakhrizal-Genius Umar dan ada pasangan Mulyadi-Ali Mukhni.

Wakasek Hukum dan HAM DPD KNPI Kota Padang, Agung Adithia Lingga mengatakan, Pilkada yang akan digelar nantinya diharapkan dapat mendatangkan satu paham yaitu sadar hukum yang berdunsanak. "Hal ini merupakan dasar dan sandi dalam norma-norma yang ada. Jangan sampai adanya persaingan politik dapat mencedirai norma-norma hukum yang ada," katanya, Kamis (10/9/2020).

Dia juga menjelaskan dan mengutip pepatah Minang yang mengatakan 'Basilang api di ateh tungku. Hal ini dimaksudkan dengan adanya dialektika dan kompetitif dalam politik dapat meningkatkan mutu kualitas demokrasi nantinya. "Akan tetapi, dialektika yang ada harus berada dalam rule of law sehingga dapat menjaga stabilitas sosial dan politik di tengah masyarakat," sebutnya.

Menurutnya Pilkada nan badunsanak merupakan ajang pemilihan yang tidak melupakan 'dunsanak' atau saudaranya sebagai bentuk dasar kekeluargaan yang ada. Sehingga norma yang ada harus tetap dijaga sebagai bentuk dari wujud nyata masyarakat yang sadar hukum.

"Dalam Pilkada kali ini diharapkan untuk para calon dan pendukung untuk sadar dan bertindak aktif mewujudkan pemilu yang badunsanak sehingga tak ada norma hukum yang di langgar demi kesuksesan pemilihan kepala daerah padan tahun ini," harapnya. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]