Ingat Ya, Olahraga Berlebihan di Masa Pandemi Berbahaya!


Jumat, 11 September 2020 - 11:38:21 WIB
Ingat Ya, Olahraga Berlebihan di Masa Pandemi Berbahaya! Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Olahraga penting untuk kebugaran tubuh, akan tetapi aktivitas fisik yang berlebihan juga tidak dianjurkan. Dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto mengingatkan, olahraga berlebihan justru menurunkan imunitas.

Itu sebabnya, olahragawan lebih rentan mengidap Covid-19. Beberapa yang dinyatakan positif termasuk pesepak bola Neymar dan mantan pegulat Dwayne Johnson alias The Rock. Michael menjelaskan hal itu dengan sebuah kurva.

Kurva menyerupai huruf J atau tanda centang itu menggambarkan, latihan fisik intensitas ringan sampai sedang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sementara, latihan fisik berat dengan intensitas tinggi justru menurunkan imunitas.

Dengan demikian, tubuh lebih berisiko terinfeksi virus. Saat melakoni olahraga intensitas ringan sampai sedang, seseorang masih bisa berbicara atau bernyanyi. Itu tak bisa dilakukan saat melakukan olahraga intensitas berat.

Michael juga menyoroti bahwa masyarakat awam kerap beranggapan bahwa olahraga harus menyebabkan pegal dan banyak keringat. Seolah jika keduanya tidak muncul, olahraga belum sepenuhnya berhasil. Padahal, tidak selalu begitu.

Pada sesi diskusi bertajuk "Olahraga dan Adaptasi Kebiasaan Baru" di Instagram Live akun @pdsko, Rabu (9/9), Michael menjelaskan tiga tujuan olahraga. Seseorang bisa melakukan olahraga dengan tujuan kesehatan, prestasi, atau rekreasi.

"Programnya tidak sama. Olahraga untuk kesehatan, intensitasnya ringan sampai sedang. Untuk prestasi, intensitasnya berat karena harus melampaui batas-batas kemampuan. Kalau untuk rekreasi, biasanya tidak teratur, hanya saat ada waktu kumpul," kata Michael.

Semasa pandemi Covid-19, setiap orang perlu memperhatikan jenis olahraga yang dilakukan, dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kedokteran olahraga jika perlu. Masyarakat umum sebaiknya memilih olahraga yang tidak menurunkan imunitas.

Sementara, Michael menyarankan para atlet sebisa mungkin tetap berolahraga di rumah. Opsi lainnya, atlet bisa berolahraga di tempat tertentu yang sudah menerapkan aturan bubble sehingga tetap bisa menjaga performa dan kualitas olahraga.

"Beberapa tempat latihan atlet seperti PBSI sudah menerapkan bubble. Semua orang di sana harus melakukan tes rapid dan swab. Setiap orang keluar-masuk harus melewati chamber khusus dan melakukan protokol kesehatan," ujarnya.(*)

loading...
 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 03 September 2020 - 14:29:24 WIB

    Ingat! Nyetir Setelah Makan Siang Bisa Berbahaya

    Ingat! Nyetir Setelah Makan Siang Bisa Berbahaya HARIANHALUAN.COM - Berembus kabar, bahwa masyarakat disarakan tidak langsung menyetir setelah menyantap makan siang. Pasalnya, melalukan hal tersebut sama bahayanya dengan mengonsumsi minuman beralkohol. Benarkah demikian?..
  • Kamis, 20 Agustus 2020 - 23:56:06 WIB

    Peringatan LPPOM MUI: Sirup Sajian Istimewa saat Puasa dan Lebaran Bisa Saja Haram

    Peringatan LPPOM MUI: Sirup Sajian Istimewa saat Puasa dan Lebaran Bisa Saja Haram HARIANHALUAN.COM - Sirup merupakan minuman yang kerap hadir dalam sebuah perjamuan. Di setiap rumah Muslim,  pada hari raya, pasti telah tersedia minuman sirup. Bahkan aneka minuman dengan campuran sirup biasanya menjadi min.
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 07:27:46 WIB

    Ingat Ya, Jangan Buang Kulit Semangka!

    Ingat Ya, Jangan Buang Kulit Semangka! HARIANHALUAN.COM - Semangka memang buah yang mengandung banyak air, dan mampu membuat tubuh tetap terhidrasi. Biasanya, semangka memang dinikmati untuk makan ataupun minuman..
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 06:26:34 WIB

    Ladies, Ingat Ya! Jangan Pakai Makeup saat Gunakan Masker, Bahaya!

    Ladies, Ingat Ya! Jangan Pakai Makeup saat Gunakan Masker, Bahaya! HARIANHALUAN.COM - Memasuki tatanan hidup baru atau new normal, memakai masker wajah saat keluar rumah sudah menjadi hal yang wajib. Karena, menggunakan masker menjadi salah satu cara mencegah penularan Covid-19 melalui dropl.
  • Senin, 01 Juni 2020 - 18:10:14 WIB

    Ingat! Lakukan 3 Kebiasaan Wajib Ini saat New Normal

    Ingat! Lakukan 3 Kebiasaan Wajib Ini saat New Normal HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Indonesia akan menjalani New Normal dalam kehidupannya sehari-hari. Tentunya banyak aturan baru sebagai protokol kesehatan yang wajib dilakukan masyarakat agar terhindar dari virus corona Covid-1.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]