Enam Bulan Dihantam Pandemi, Traffic Broker Asuransi hingga Media Online Terjun Bebas


Jumat, 11 September 2020 - 12:08:45 WIB
Enam Bulan Dihantam Pandemi, Traffic Broker Asuransi hingga Media Online Terjun Bebas Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pandemi Covid-19 di Indonesia mengubah perilaku masyarakat Indonesia di dunia maya. Hasil risetLifepal.co.id mencatat penurunan kunjungan yang drastis ke situs-situs penyedia jasa perjalanan bersamaan dengan merebaknya Virus Corona di tanah air seiring menurunnya jumlah masyarakat yang bepergian dan berwisata.

Sejak  April 2020, traffic situs-situs tersebut mulai mencatatkan pertumbuhan kunjungan, namun trennya masih menurun.

Hal yang serupa juga ditunjukkan situs-situs pencarian lowongan kerja. Meski mulai membaik sejak bulan Juni, namun, traffic-nya belum kembali seperti sebelum pandemi. Ini cukup berlawanan dengan fakta bahwa jumlah orang yang membutuhkan pekerjaan justru kian banyak akibat tingginya arus pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi.

Yang tak kalah menarik adalah kunjungan ke situs-situs broker asuransi yang menunjukkan tren naik. Ini berlawanan dengan traffic ke situs-situs kesehatan yang justru trennya menurun. Nampaknya, orang lebih memilih “mencegah” ketimbang “mengobati”.

Lifepal.co.id melakukan riset data traffic terhadap sejumlah situs penyedia jasa dengan kategori industri travel, belanja online, kesehatan, broker asuransi, media pemberitaan, dan lowongan pekerjaan. Kami mendapatkan hasil yang bervariasi antara satu kategori industri dengan kategori industri lainnya.

Ada yang menunjukkan tren kenaikan, dan sebaliknya ada pula yang menunjukkan tren penurunan. Simak penjelasannya secara rinci berikut ini.

Kunjungan ke situs broker asuransi meningkat di masa pandemi

Data traffic ke broker asuransi ini belum disertakan pada riset kami sebelumnya. Lifepa.co.id menggunakan data traffic dari empat broker asuransi di Indonesia sebagai sampel, yakni Lifepal.co.id, Bandingin.com, Futuready.com, dan Cekpremi.com.

Data keempat sampel tersebut menunjukkan pertumbuhan traffic. Sempat mencapai titik terendah pada bulan Mei 2020, terjadi kenaikan traffic 9% hingga Agustus 2020. Tentunya pertumbuhan ini menunjukkan meningkatnya minat pengguna internet terhadap produk-produk asuransi di masa pandemi.

Tambahan informasi mengenai asuransi, walau telah mengalami penurunan cukup drastis di awal 2020, pendapatan premi asuransi jiwa di bulan Juni 2020 menjadi yang tertinggi dibanding Januari hingga Juni baik pada tahun 2019 maupun 2020. Hasil riset Lifepal lainnya menunjukkan bahwa kinerja bulan Juni 2020 mengalami pertumbuhan sebesar 23,7% dibandingkan dengan pendapatan di bulan Juni 2019.

Traffic media Online menurun

Kebutuhan masyarakat akan berita tampaknya juga meningkat secara signifikan di awal masa pandemi Covid-19. Tapi berdasarkan data di atas, setelah bulan maret 2020, traffic website berita terus turun.

Tercatat dari puncak tertingginya pada Maret 2020 sampai Agustus, terlihat traffic sudah turun sampai sekitar 33.4%. Lifepal menggunakan data traffic dari lima website berita sebagai sampel, yakni Detik.com, Tribunnews.com, Kompas.com, Liputan6.com, dan Suara.com. (*)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]