Usai Tahiyat Akhir dan Sebelum Salam: Doa Ini Dianjurkan Dibaca


Jumat, 11 September 2020 - 13:21:03 WIB
Usai Tahiyat Akhir dan Sebelum Salam: Doa Ini Dianjurkan Dibaca Ilustrasi sholat

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Saling mendoakan adalah salah satu yang menjadi ciri khas dan adab umat Islam ketika saling bertemu maka. Doa tersebut bisa disampaikan dengan mengucapkan salam. Jika ditelusuri lebih komplit, sebelum salam pun sejatinya umat Islam juga dianjurkan untuk membaca doa. 

Dalam buku Memahami Arti Bacaan Shalat karya M Masrur disebutkan tentang doa sebelum salam. Di antaranya adalah berdoa dari 4 perkara. Doa ini bersumber dari hadits yang diriwayatkan  Imam Muslim dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ، فَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ، يَقُولُ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ 

“Allahumma inni audzubika min adzabi jahannama, wa min adzabil-qabri, wa min fitnati al-mahya wal-mamati, wa min syarri fitnati al-masiihi ad-Dajali.” 

Yang artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari siksa neraka jahanam dan siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari keburukan fitnah Dajjal.” 

Barulah setelah membaca doa ini, umat Muslim dianjurkan untuk mengucapkan salam yang berbunyi:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ “Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.” 

Yang artinya: “Semoga Allah memberikan keselamatan, rahmat, dan keberkahan kepadamu,”.

Akan sangat bermanfaat bagi umat Muslim untuk menghaturkan doa. Terlebih, amanat untuk saling mendoakan pun merupakan hal yang kerap disinggung-singgung di dalam Alquran.

Imas Damayanti 

loading...
 Sumber : Republika /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 24 Desember 2019 - 18:57:19 WIB

    Tips Kantong Tetap Tebal Usai Serangan Diskon Akhir Tahun

    Tips Kantong Tetap Tebal Usai Serangan Diskon Akhir Tahun LIFESTYLE, HARIANHALUAN.COM - Menjelang akhir tahun 2019 dipastikan banyak acara super dadakan yang bisa menguras isi kantong Anda. Mulai dari kumpul bareng teman, bareng keluarga menikmati waktu pergantian tahun, hingga berb.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]