JEMARI Sakato-Pemkab Agam Gagas Kalaborasi Turunkan Stunting


Jumat, 11 September 2020 - 19:23:36 WIB
JEMARI Sakato-Pemkab Agam  Gagas Kalaborasi Turunkan Stunting Diskusi Online dimoderatori Wahyu Hamdika . (ist)

HARIANHALUAN.COM-Keterbatasan gerak saat semakin meningkatnya penyebaran Covid-19, tidak menghalangi JEMARI Sakato, Bappeda serta OPD Kabupaten Agam tetap mencari terobosan untuk penurunan Stunting. 

Melalui diskusi online, Rabu (9/11/2020) membincangkan terobosan-terobosan yang bisa dilakukan secara bersama. Sebagai daerah yang memiliki prevalensi stunting yang tinggi, Kabupaten Agam perlu memikirkan cara-cara berbeda untuk mengatasi hal ini. Sementara keterbatasan ruang dan gerak akibat pandemi, tidak bisa dijadikan alasan, Karena sebagaimana disampaikan Direktur JEMARI Sakato, Robi Syafwar MH, bahwa hari ini dengan prevalensi rata-rata hampir 15 persen, dapat dipastikan 1 dari 6 bayi yang lahir di kabupaten Agam potensial stunting. 

Menurut Kepala Bappeda Welfizar,Agam ditetapkan sebagai salah satu Lokasi Prioritas Penurunan Stunting berdasarkan Keputusan Menteri PPN/Kepala Bappenas no. KEP.42/M.PPN/HK/04/2020 tentang Penetapan Perluasan Kabupaten/Kota Lokasi  Fokus Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi Tahun 2021. 

"Meskipun ditetapkan sebagai daerah lokus untuk tahun 2021, kita  akan tetap memulai dari sekarang, setidaknya dari sisi perencanaan dengan mengikuti  alur dan tahapan perencanaan daerah yang berlaku," lanjut Welfizar.

Diskusi yang dimoderatori oleh pengurus JEMARI Sakato, Wahyu Hamdika dihadiri oleh beberapa OPD terkait  antara lain Dinas sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari, Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga  Berencana, Dinas PUPR, Dinas Perikanan, Dinas Perumahan dan Pemukiman,  Kasubag Kesejahteraan rakyat, Dinas Pendidikan dan Dinas Pertanian Hortikultura Perkebunan.

Tentu banyak hal yang berhasil digali dari diskusi yang berjalan lebih kurang 2,5 jam tersebut.  (*)

loading...
 Sumber : Rilis /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]