Apa Guna PSBB Jika Disiplin Kesehatan Tak Ada?


Sabtu, 12 September 2020 - 07:27:08 WIB
Apa Guna PSBB Jika Disiplin Kesehatan Tak Ada? Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito

HARIANHALUAN.COM - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak akan berguna untuk menurunkan kasus Covid-19 jika masyarakat tak mematuhi protokol kesehatan. Selain disiplin kesehatan, mobilitas penduduk dari satu tempat ke tempat lain harus dibatasi, guna mencegah penularan Covid-19.

Hingga saat ini, ada dua provinsi yaitu DKI Jakarta dan Banten dan 5 kabupaten/kota yakni Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi dan Kota Depok, yang melaksanakan PSBB. 

"Ini adalah pelajaran besar buat kita semuanya, bahwa kalau kita tidak disiplin nanti akan terjadi PSBB juga enggak ada gunanya. PSBB hanya cuma mencegah pada saat PSBB-nya (kasus) akan turun. Nanti PSBB dibuka (kasus) kembali lagi. Jadi yang penting itu adalah disiplin," kata Wiku di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (11/9/2020) kemarin.

Semua pihak, khususnya masyarakat, harus bekerja sama membatasi mobilitas perjalanan agar penanganan Covid-19 lebih mudah. Masyarakat tetap di rumah apabila benar-benar tidak ada keperluan yang penting. Jika keluar rumah, terapkan protokol kesehatan, menggunakan masker, jaga jarak, sering cuci tangan pakai sabun. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]