Dua Tenaga Pendidik Kembali Dilaporkan Positif Covid-19 di Dharmasraya


Sabtu, 12 September 2020 - 11:10:28 WIB
Dua Tenaga Pendidik Kembali Dilaporkan Positif Covid-19 di Dharmasraya ilustrasi Corona

HARIANHALUAN.COM - Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat kembali mencatatkan dua kasus baru tenaga pendidik positif terpapar virus Covid-19, Sabtu (12/9/2020). "Masing-masing pasien 59 atas nama Ny R (53), warga Kecamatan Koto Baru dan pasien 60 atas nama Tn I (36) yang tercatat sebagai warga Kecamatan Pulau Punjung," kata Jubir Gugus tugas penanganan Covid-19 setempat, dr Rahmadian, di Dharmasraya.

Sama seperti kasus positif sebelumnya, jelas dia, kedua pasien tersebut terjaring dari kegiatan uji swab massal yang diselenggarakan pihaknya belum lama ini, sebagai salah satu upaya persiapan diselenggarakannya proses pembelajaran secara tatap muka di seluruh wilayah Dharmasraya. 

Terhadap pasien tersebut, lanjutnya, dilakukan langkah-langkah penanganan sesuai standar prosedur penanganan Covid-19 berupa tracing tracking dan treatment (3T) serta memastikan seluruhnya menjalani tahapan isolasi hingga dinyatakan negatif atau sembuh. 

Terkait upaya penanganan yang telah dilakukan pihaknya, Rahmadian menjelaskan hingga 11September 2020 sudah dilakukan upaya pemantauan terhadap Pelaku Perjalanan sebanyak 8.146 jiwa dan 331 jiwa diantaranya masih dalam proses dan yang sudah selesai ditangani sebanyak 7.815 jiwa. 

Untuk kasus suspek terbaru sudah tercatat sebanyak dua orang dan yang sudah selesai penanganannya sebanyak 546 orang dengan rincian suspek meninggal dunia sebanyak 10 orang dan suspek selesai pemantauan berjumlah sebanyak 558 orang. 

"Sementara untuk upaya pelacakan terhadap riwayat kontak erat sudah mencapai posisi 1.941 orang dengan jumlah kasus konfirmasi hingga saat ini berjumlah total sebanyak 60 pasien dan 37 diantaranya sudah dinyatakan sembuh," ungkapnya. 

Pada kesempatan tersebut, dia kembali mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar selalu memakai masker selama berada diluar rumah dan di tempat-tempat umum, tetap menjaga jarak aman dan sering-sering mencuci tangan pakai sabun serta menjalankan prilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. 

"Selalu jaga kedisiplinan menerapkan standar protokol kesehatan tersebut agar mata rantai penyebaran virua pandemi itu bisa diputus, dengan begitu minimal kita semua masing-masing sudah menyelamatkan satu orang dari risiko terpapar virus Covid-19," tutupnya. 

Sebelumnya, Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat kembali mengkonfirmasi empat kasus baru positif terpapar virus Covid-19, Jumat (11/9/2020). "Empat kasus positif baru tersebut seluruhnya adalah tenaga pendidik yang terjaring pada kegiatan uji swab yang diselenggarakan dalam menghadapi kembali dibukanya proses pembelajaran secara tatap muka di daerah ini," kata dr Rahmadian. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]