Universitas Dharmas Indonesia Gelar Wisuda ke-11


Sabtu, 12 September 2020 - 13:16:09 WIB
Universitas Dharmas Indonesia Gelar Wisuda ke-11 Rapat Senat Terbuka Universitas Dharmas Indonesia (Undhari) Sumatera Barat, dalam rangka kegiatan wisuda ke-11 yang dipusatkan di Gedung Olahraga Dara Jingga Dharmasraya, Sabtu(12/09).

HARIANHALUAN. COM - Universitas Dharmas Indonesia (Undhari) Sumatera Barat, menggelar kegiatan wisuda ke-11 yang dipusatkan di Gedung Olahraga Dara Jingga Dharmasraya, Sabtu (12/09). 

"Pada kegiatan wisuda kali ini diikuti oleh 306 wisudawan/wisudawati berbagai jurusan, 200 orang lebih diantaranya adalah penerima beasiswa dari berbagai program yang diupayakan oleh pihak Undhari," kata Ketua Yayasan Amanah Ampang Kuranji (YAAK), Hj Elviana, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Rapat Senat Terbuka itu, di Dharmasraya. 

Ia menjelaskan, sebagai salah satu lembaga perguruan tinggi swasta di provinsi tersebut, Undhari telah mampu mencetak sumber daya manusia yang memiliki kualitas dan karakter kebangsaan yang teruji serta terukur. 

Menurutnya, salah satu kiat yang digunakan pihaknya adalah dengan memusatkan seluruh warga almamater dalam sebuah tatanan asrama kampus yang terintegrasi baik dalam menunjang upaya peningkatan mutu lulusan. 

"Sehingga lulusan Undhari dalam kiprahnya nanti ditengah-tengah masyarakat mampu duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan lulusan lembaga perguruan tinggi terkemuka lainnya," ungkap Elviana. 

Ia mengharapkan, segala upaya yang telah dilakukan secara maksimal oleh seluruh lulusan dan segenap warga almamater dibawah bimbingan para guru besar dan dosen serta para pihak terkait lainnya, bisa menjadi sumbangsih bagi kemajuan dunia pendidikan serta dapat dihargai sebagai karya dari anak bangsa untuk kemajuan Bangsa Indonesia dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

"Kami ucapkan selamat jalan kepada para lulusan, semoga ilmu yang ditimba di Undhari bisa bermanfaat bagi kemashlahatan bersama, jaga citra baik dan berikan pengabdian terbaik untuk negara ini," katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Dharmas Indonesia, Dr. Gunawan Ali, M.Kom, mengatakan lahirnya para lulusan ini merupakan bukti nyata bahwa proses pendidikan di Universitas Dharmas Indonesia berlangsung dengan baik. 

"Dari 306 orang lulusan yang di wisuda pada hari ini, terdiri dari 38 orang dari Fakultas Ilmu Kesehatan, 102 orang dari Fakultas Ilmu Komputer, 161 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan 5 orang dari Fakultas Hukum, Ekonomi, dan Bisnis," jelasnya. 

Menurutnya, dari database sistem akademik Universitas Dharmas Indonesia, dapat disampaikan sebanyak 123 orang (40,19%) lulusan yang diwisuda pada hari ini, lulus dengan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) diatas 3,50, kemudian 170 orang (55,6%) lulus dengan IPK pada range 3,00 sampai 3,50, dan sisanya hanya 13 orang (4,2%) lulus dengan IPK kurang dari 3,00. Dari data di atas terlihat bahwa, rata-rata IPK lulusan wisudawan Universitas Dharmas Indonesia adalah 3,44.

Terkait tanggungjawab lembaga itu terhadap upaya peningkatan kualitas lulusannya, ia mengatakan berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kompetensi berupa perbaikan dan peningkatan pada berbagai bidang, seperti peningkatan layanan akademik, peningkatan sarana dan prasarana, kualitas sumberdaya manusia serta melakukan re-akreditasi. 

"Pada pelaksanaan Re-akreditasi Program Studi di akhir tahun 2019, BAN-PT telah mengumumkan hasil untuk beberapa program studi. Kami sangat bersyukur bahwa dari hasil Re-akreditasi tersebut terjadi peningkatan Akreditasi dari C menjadi B pada Program Studi D3 Kebidanan, dengan peningkatan Akreditasi pada 1 Program Studi tersebut, maka saat ini 3 Program Studi di Universitas Dharmas Indonesia sudah Terakreditasi B," ulasnya.

Atas keberhasilan tersebut, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam penyusunan Instrumen akreditasi, berupa instrumen Laporan Evaluasi Diri (LED), instrument Laporan Kinerja Program Studi (LKPS), dan semua dokumen pendukung lainnya.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik, pihaknya terus mendorong dosen tetap untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

"Dari sebanyak 76 dosen tetap yang ada di Universitas Dharmas Indonesia, saat ini terdapat 1 orang dosen tetap yang sedang menempuh pendidikan S3 atau Doktor dengan beasiswa LPDP dan 6 orang Doktor," tutupnya.

Berikut lulusan terbaik Universitas Dharmas Indonesia pada wisuda tahun ini: 

Fakultas Ilmu Kesehatan, Jeysri Rahmi dengan IPK 3,9, Widia Elmiati dengan IPK 3,76 dan Izzatul Jannah dengan IPK 3,59.

Lulusan terbaik dari Fakultas Ilmu Komputer.l, Vella Armi dengan IPK 3,94, Dahlia Nur Pratami dengan IPK 3,83, Veggy Okta Diana dengan IPK 3,8.

Berikutnya, Lulusan terbaik dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dian Okta Vinala dengan IPK 3,94, Seski Wahyuni dengan IPK 3,92, Muhamad Senjawijaya dengan IPK 3,9.

Lulusan terbaik dari Fakultas Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Nesi Putri Ningsih dengan IPK 3,59, Ardi Gunawan dengan IPK 3,34, Uliya dengan IPK 3,3.

Selanjutnya lulusan terbaik dari Universitas Dharmas Indonesia adalah Dian Okta Vinala dengan IPK 3,94.(*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]