40 Pegiat Wisata di Tanah Datar Dilatih Mengelola Objek Wisata


Sabtu, 12 September 2020 - 13:58:40 WIB
40 Pegiat Wisata di Tanah Datar Dilatih Mengelola Objek Wisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar melaksanakan pelatihan tata kelola destinasi wisata kepada 40 orang pegiat wisata di Tanah Datar.

HARIANHALUAN.COM - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar melaksanakan pelatihan tata kelola destinasi wisata kepada 40 orang pegiat wisata di Tanah Datar. Dinas Parpora berharap kepada peserta agar agenda itu bisa diikuti dengan baik, sehingga bisa meningkatkan dan diterapkan di objek wisata masing-masing.

"Hendaknya hasil pelatihan itu bisa diterapkan di tempat objek wisata yang ada di Tanah Datar ini. Kita Tanah Datar memilik 150 objek wisata dengan 12 objek wisata unggulan," kata Kadis Parpora Tanah Datar, Sabtu (12/9).

Kabid Pariwisata Dinas Parpora Tanah Datar Efrison juga menjelaskan, pelatihan yang diikuti 40 pelaku wisata yang dijadwalkan selama lima hari tersebut, menghadirkan narasumber dari Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Taufik Ramadhan serta praktisi pariwisata Sumbar Ridwan Tulus serta berbagai pemateri berkompeten lainnya.

Pada sesi pemateri Verinita dari Unand Padang, Sabtu ini membahas tentang pemasaran pariwisata, analisis pasar pariwisata, bagaimana tentang bertemunya yang punya objek wisata dengan pengunjung.

"Kita di Sumbar dikaruniai alam yang sangat indah, masalahnya kita belum dikaruniai orang-orang untuk pemasaran wisata yang bagus, bagaimana pengunjung bisa ramai kita mesti menjadi pemasaran yang tangguh. Kita juga harus tahu apakah kita menjual objek wisata ke semua orang, siapa pasar yang kita tuju," katanya. 

Dikatakan, untuk segmentasi pariwisata juga dikategorikan beberapa aspek, geografis, demografis, psikoterapi dan perilaku. Geografis merupakan daerah atau negara asal wisatawan. Demografis dikelompokkan berdasar umur, jenis kelamin, pendidikan, ekonomi dan sebagainya. Psikografis berdasar kelas sosial, gaya hidup, karakteristik pribadi dan perilaku berdasar pengetahuan, sikap, penggunaan suatu produk. 

"Banyak aspek penunjang lainnya jika wisata kita ingin maju, termasuk penawaran wisata, bagaimana akomodasi, kesiapan daerah, kesadaran masyarakat sekitar objek wisata dan sebagainya, di sini untuk Istano Pagaruyung tidak begitu penting soal promosinya lagi, karena ini sudah menjadi brand wisata tetapi objek yang lain di Tanah Datar masih butuh promosi," katanya.(*)

loading...
Reporter : Feri Maulana /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 Juli 2020 - 15:11:49 WIB

    Hingga Juni, 11.740 Orang Wisatawan Berkunjung ke Dharmasraya

    Hingga Juni, 11.740 Orang Wisatawan Berkunjung ke Dharmasraya HARIANHALUAN.COM - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Kabupaten Dharmasraya, mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu periode Januari hingga Juni 2020 mencapai angka 11.740 orang. .
  • Rabu, 28 Desember 2016 - 01:38:45 WIB

    Pemko Batam Akan Lantik 400 Pejabat

    Batam, Haluan—Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau akan melantik lebih dari 400 pejabat berbagai eselon di akhir tahun, demi memastikan semua bekerja sesuai Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang baru..
  • Kamis, 21 Juli 2016 - 02:13:50 WIB

    Embung PDAM Rp40 M Hanya Jadi 'Pajangan'

    TEMBILAHAN, HALUAN — Embung PDAM Tirta Indragiri yang berlokasi di Kecamatan Tempuling dan telah menelan puluhan miliar uang negara dari tak ubahnya bak 'pajangan rumah'..
  • Selasa, 14 Juni 2016 - 02:43:42 WIB

    240 KK Miskin Dapat Bantuan Bedah Rumah

    LINGGA, HALUAN — Sebanyak 240 Kepala Keluarga (KK) kurang mampu/miskin di Kabupaten Lingga tahun 2016 ini menerima program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih dikenal dengan Prog­ram Bedah Rumah..
  • Sabtu, 30 April 2016 - 02:00:36 WIB

    400 Ton Beras Masuk Gudang Bulog

    ANAMBAS, HALUAN—Sebanyak 400 ton cadangan beras pemerintah (CBP) dan raskin 2016, sudah tiba di Pelabuhan Antang, dan saat ini proses bongkar muat ke gudang Bulog sedang dilaksanakan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]