Kapasitas Sejumlah Rumah Sakit Sudah Melebihi Batas, Satgas Covid-19: Perlu Ambil Tindakan


Sabtu, 12 September 2020 - 14:32:25 WIB
Kapasitas Sejumlah Rumah Sakit Sudah Melebihi Batas, Satgas Covid-19: Perlu Ambil Tindakan Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Akmal Taher mengakui bahwa beberapa Rumah Sakit (RS) memang sudah melebihi batas atau over capacity terkait dengan penanganan pasien virus corona.

Meskipun begitu, Akmal menyebut, masih ada beberapa rumah sakit memang masih memiliki slot untuk menampung pasien Covid-19 atau penyakit lainnya.

"Jadi memang secara memang beberapa rumah sakit sudah hampir over kapasitas sebagian masih ada tempat," kata Akmal dalam acara diskusi Polemik MNCTrijaya melalui virtual, Jakarta, Sabtu (12/9/2020).

Menurut Akmal, apabila kapasitas pasien di suatu rumah sakit sudah mencapai 60 hingga 80 persen, maka sebaiknya harus mengambil langkah persiapan yang matang.

"Jadi 80 persen sudah terlalu banyak mestinya 60-70 persen mesti ambil tindakan," ujar Akmal.

Tindakan yang harus diambil adalah mempersiapkan untuk menambah kapasitas infrastruktur dan atau memilah-memilah pasien yang datang.

Terkait pasien Covid-19 yang berkategori ringan, kata Akmal, sampai dewasa ini Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, masih memiliki kapasitas penampungan yang cukup memadai.

"Tapi penambahan ga bisa berapa pun karena kalau nambah tempat tidur bisa nambah cepat tapi sumber daya manusia tak bisa," ucap Akmal.

Solusi lain, kata Akmal adalah, pihak rumah sakit mengeluarkan kebijakan hanya menerima pasien yang mengidap penyakit virus corona.

"Kita buat koordinasi antar rumah sakit kemudian menyatakan rumah sakit hanya menrima covid. Pengalihan psien non covid ke rumah sakit lain, betul sudah diambil tindakan yang tak biasa memidahkan pasien yang mau sembuh ke Wisma Atlet karena pasien tak bisa diatur mau kemana," tutup Akmal.(*)

loading...
 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 24 September 2020 - 21:20:45 WIB

    Masa AKB, Kemhan Batasi Kapasitas Pegawai yang Bekerja Jadi 50%

    Masa AKB, Kemhan Batasi Kapasitas Pegawai yang Bekerja Jadi 50% HARIANHALUAN.COM – Kementerian Pertahanan melaksanakan pengaturan sistem kerja pegawai sesuai dengan Adaptasi Kebiasaan Baru dalam menghadapi pandemi covid-19 dan perkembangan baru yang terjadi saat ini..
  • Senin, 14 September 2020 - 07:40:24 WIB

    PSBB Jakarta Berlaku Hari Ini, Kapasitas Kantor Hanya Boleh 25%

    PSBB Jakarta Berlaku Hari Ini, Kapasitas Kantor Hanya Boleh 25% HARIANHALUAN.COM - DKI Jakarta menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat yang berlaku mulai hari ini. Beberapa hal yang menjadi point PSBB ketat, yakni pertama yaitu kapasitas kantor 25%, 11 sektor boleh 50%..
  • Senin, 14 September 2020 - 06:22:50 WIB

    PSBB Ketat Jakarta, Anies: Kapasitas Kantor Maksimal 25%

    PSBB Ketat Jakarta, Anies: Kapasitas Kantor Maksimal 25% HARIANHALUAN.COM  - Mulai hari ini hingga dua pekan ke depan, PSBB ketat di DKI Jakarta mulai diberlakukan untuk meredam penyebaran virus Corona. Kapasitas karyawan dalam gedung perkantoran baik pemerintah maupun swasta diba.
  • Selasa, 09 Juni 2020 - 13:12:00 WIB

    Periode New Normal, Kapasitas Penumpang Pesawat Dilonggarkan

    Periode New Normal, Kapasitas Penumpang Pesawat Dilonggarkan HARIANHALUAN.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melonggarkan kapasitas angkut penumpang pesawat jet niaga berjadwal selama periode new normal dari 50 persen menjadi 70 persen..
  • Senin, 09 Maret 2020 - 11:13:22 WIB

    Demi Sumut, PUPR Kebut Bendungan Lau Simeme Berkapasitas 28 Juta M3

    Demi Sumut, PUPR Kebut Bendungan Lau Simeme Berkapasitas 28 Juta M3 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Bendungan Lau Simeme di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Pembangunan bendungan berka.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]