Mahasiswa Ini Jadi Tukang Sayur dengan Omzet yang Bikin Ngiler: Rp 180 Juta Per Bulan!


Sabtu, 12 September 2020 - 18:20:00 WIB
Mahasiswa Ini Jadi Tukang Sayur dengan Omzet yang Bikin Ngiler: Rp 180 Juta Per Bulan! Mahasiswa Ini Sukses Jadi Tukang Sayur dengan Omzet Rp 180 Juta Per Bulan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - 'The power of kepepet' mungkin itulah jurus yang dipakai Samsul Arifin. Bagaimana tidak, berawal dari usaha untuk menutup biaya kuliah, ia kini justru jadi tukang sayur sukses. Ia memiliki omzet hingga Rp 180 juta per bulan. Mantap!

Samsul Arifin dulunya hanya mahasiswa biasa, ia bahkan selalu kekurangan uang untuk menutup biaya kuliahnya. Kekurangan biaya inilah yang membuat Samsul ingin memulai usaha kecil-kecilan. Dengan modal Rp 1 juta, ia memilih berjualan sayur.

Kisah Samsul ini dibagikan lewat tayangan Youtube Sukses Pedia. Di sini diceritakan kalau Samsul memulai bisnisnya sejak 4 tahun lalu, usianya masih 20 dan ia pun masih duduk di bangku kuliah. Tapi demi mencukupi uang kuliah, ia setiap hari harus rela ke pasar untuk berjualan sayur.

Mahasiswa Ini Sukses Jadi Tukang Sayur dengan Omzet Rp 180 Juta Per BulanMahasiswa Ini Sukses Jadi Tukang Sayur dengan Omzet Rp 180 Juta Per Bulan 

Samsul saat itu tercatat sebagai mahasiswa di Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Profesor DR Hamka. Statusnya sebagai mahasiswa tak lantas membuatnya gengsi berjualan sayur.

Kerja keras dan keyakinannya kini berbuah manis. Samsul yang awalnya hanya memiliki lapak kecil di pasar, kini justru sukses dengan beberapa kios sayur di pasar induk. Ia juga sekarang dibantu oleh 5 karyawannya. Padahal dahulu, Samsul yang terjun langsung mencari sayuran segar dari petani hingga menjualnya ke pembeli.

Kios Samsul di pasar induk Kramat Jati, Jakarta Timur ini sudah terbilang besar. Dalam sehari omzetnya sekitar Rp 6 juta, sementara kalau dirata-rata dalam sebulan Samsul memiliki omzet hingga Rp 180 juta. Tentu uang sebanyak ini masih harus diputar lagi sebagai modal.

Tentu saja, dengan penghasilannya berjualan sayur Samsul bisa menyelesaikan kuliahnya. Ia bahkan bisa membeli mobil, motor serta membangun rumah untuk kedua orangtuanya.

Di awal usaha, Samsul memilih membeli sayuran langsung dari petani. Ia beranggapan sayuran dari petani ini punya kualitas bagus sekaligus harga yang lebih miring. Dengan modal seadanya, Samsul hanya menjual satu jenis sayuran saja, tapi setelah usahanya menggeliat, ia kemudian berani mencoba menjual berbagai pilihan sayuran.

Bisa merasakan sukses di usia muda dari hasil kerja kerasnya, Samsul mengajak banyak orang untuk berani memulai usaha. Sekecil apapun modal yang dimiliki, asal punya kemauan dan semangat pastilah ada jalan. Samsul juga berpesan, semakin muda memulai usaha maka semakin besar peluang untuk sukses asalnya mau terus belajar dari pengalaman. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]