PSBB DKI Jakarta Besok Diumumkan Lengkap dengan Rincian Aturan


Sabtu, 12 September 2020 - 21:15:07 WIB
PSBB DKI Jakarta Besok Diumumkan Lengkap dengan Rincian Aturan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta akan diumumkan besok, lengkap dengan rincian aturan PSBB untuk menghindari perbedaan interpretasi.

"Dan besok kita akan umumkan, karena malam hari ini sedang dituntaskan peraturannya. Jadi nanti ketika kita mengumumkan sudah dalam bentuk peraturan yang ada pasal-pasalnya, ada perincian detail sehingga tidak terjadi interpretasi yang beda-beda," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/9/2020).

Menurut Anies, akan ada perbedaan dalam pelaksanaan PSBB total kali ini. Pengaturan PSBB akan banyak mengatur perkantoran yang disebut Anies menjadi klaster khusus.

"Karena itulah kita nanti di dalam pengaturan PSBB ini memperhitungkan kesiapan-kesiapannya. Jadi ada sektor-sektor yang masih bisa beroperasi dengan kapasitas terbatas karena memang terbukti di sektor itu tidak ada kegiatan-kegiatan yang menjadi klaster khusus. Yang paling banyak itu kan memang di perkantoran, karena itu nanti utamanya akan banyak mengatur di perkantoran," ujar Anies.

Anies memastikan pihaknya akan melakukan pengetatan, bukan pelarangan selama masa PSBB total. Pelaksanaan PSBB juga akan lebih fokus pada interaksi masyarakat di DKI, bukan terkait mobilitas keluar-masuk Ibu Kota.

"Kalau pengetatan semua, semua sektor akan ada pengetatan. Jadi saya harus garis bawahi ya, bukan pelarangan, jadi bukan pelarangan, tapi ini adalah pengetatan, pembatasan, jadi artinya tetap berkegiatan tetapi ada batas-batasnya yang lebih ketat untuk memotong mata rantai," jelas Anies.

"Oh nggak (SIKM), kalau mobilitas keluar dan lain-lain tidak, tapi pada interaksi di Jakarta ini," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan pengumuman PSBB total DKI Jakarta akan disampaikan ke publik besok siang. Pemprov DKI dan pemerintah pusat masih rapat menentukan PSBB Jakarta.

"Untuk PSBB yang sudah diumumkan oleh Gubernur DKI, secara resmi besok akan disampaikan kepada media sekitar pukul 13.00 WIB," kata Doni, Sabtu (12/9).

Rapat mengenai keputusan PSBB DKI Jakarta masih dibahas oleh Pemprov DKI dan Satgas Penangaan COVID-19. Keputusan akhir akan diambil.

"Malam ini sampai besok pagi, sehingga pengumuman yang disampaikan ke masyarakat ada sebuah kepastian, harmonisasi antara kepentingan pusat dan daerah," ungkapnya.

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 19 September 2020 - 15:25:30 WIB

    Selama PSBB, Operasional KRL Berubah, Catat Jadwalnya

    Selama PSBB, Operasional KRL Berubah, Catat Jadwalnya HARIANHALUAN.COM - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyesuaikan jam operasional kereta rel listrik (KRL) Commuter Line, terkait dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. Mulai Sabtu, 19 .
  • Sabtu, 19 September 2020 - 15:04:41 WIB

    Jakarta PSBB Total, Volume Kendaraan di Jalur Puncak Turun 70 Persen

    Jakarta PSBB Total, Volume Kendaraan di Jalur Puncak Turun 70 Persen HARIANHALUAN.COM - Tidak Tidak ada kepadatan baik dari arah Jakarta menuju Puncak atau sebaliknya pada Sabtu (13/9/2020). Kondisi arus lalu lintas di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terpantau normal..
  • Sabtu, 19 September 2020 - 11:44:26 WIB

    Disebut L**te Legend, Sita Pasien 01 Corona Dihujat Netizen Lagi Usai Jakarta PSBB Ketat

    Disebut L**te Legend, Sita Pasien 01 Corona Dihujat Netizen Lagi Usai Jakarta PSBB Ketat HARIANHALUAN.COM - Pasien kasus 01 virus Corona, Sita Tyasutami, berbagi cerita tentang kondisinya kini setelah lebih dari 6 bulan dinyatakan sembuh. Sejak PSBB ketat kembali diumumkan, Sita kembali menjadi objek makian..
  • Sabtu, 19 September 2020 - 10:59:01 WIB

    Pemprov DKI Sudah Tutup 37 Perusahaan Sejak PSBB Ketat

    Pemprov DKI Sudah Tutup 37 Perusahaan Sejak PSBB Ketat HARIANHALUAN.COM - Jumlah perusahaan yang ditutup oleh Pemprov DKI selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat bertambah. Per hari ini, total ada 37 perusahaan ditutup sementara oleh Pemprov DKI..
  • Rabu, 16 September 2020 - 20:03:48 WIB

    PSBB Total Diterapkan Anies, Pengusaha Bus AKAP Kena Imbas

    PSBB Total Diterapkan Anies, Pengusaha Bus AKAP Kena Imbas HARIANHALUAN.COM - Ternyata Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total yang kembali diberlakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai Senin kemarin ikut berimbas pada bisnis bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]