Selama Mewabah, Tujuh Profesor di Indonesia Meninggal Terpapar Korona


Ahad, 13 September 2020 - 12:17:57 WIB
Selama Mewabah, Tujuh Profesor di Indonesia Meninggal Terpapar Korona Gubernur Riau Syamsuar ikut menshalatkan jenazah dokter Oki Alfin di pelataran parkir RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Sabtu (12/9/2020). (Foto: HMG)

HARIANHALUAN.COM - Tim Mitigasi PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pandemi Covid-19 mencatat ada 115 dokter di Indonesia meninggal akibat terpapar Covid-19 hingga Sabtu (12/9/2020) pukul 11.00 WIB. Dari 115 dokter yang meninggal itu, tujuh di antaranya merupakan guru besar atau profesor. Wabah virus korona mulai menular di Indonesia 2 Maret 2020 lalu. 

"Bertambah enam orang meninggal sehari kemarin. Sebelumnya tercatat 109 dokter. Jumlah ini di luar perhitungan jumlah dokter gigi dan perawat yang meninggal," kata Ketua Tim Mitigasi PB IDI dr Adib Khumaidi, Sabtu (12/9/2020) kemarin.

Para dokter ini bisa terpapar saat menjalankan pelayanan baik, langsung menangani pasien di ruang-ruang perawatan atau dari tindakan medis yang ternyata belakangan diketahui kalau pasiennya mengalami Covid-19 dan juga bisa terpapar melalui pelayanan nonmedis, seperti dari keluarga dan komunitas. 

Pekerjaan dokter saat ini memiliki risiko yang sangat tinggi untuk terpapar Covid-19 disamping angka orang tanpa gejala atau asimptomatik carier yang tinggi di Indonesia. Dan juga meminta pemerintah bertindak tegas terhadap pelanggar protokol kesehatan dengan memberikan sanksi sebagaimana diatur dalam Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020.Selain itu, perlu dilakukan proteksi di semua layanan dengan penerapan yang lebih tegas lagi.

Upaya preventif harus ditingkatkan dengan penerapan protokol kesehatan melibatkan kelompok sosial masyarakat untuk menekan laju penyebaran virus. Juga dilakukan penguatan layanan dengan pemetaan kemampuan fasilitas kesehatan, menata dan meningkatkan kapasitas rawat dengan screening atau penapisan yang ketat terhadap pasien. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 19 September 2020 - 15:25:30 WIB

    Selama PSBB, Operasional KRL Berubah, Catat Jadwalnya

    Selama PSBB, Operasional KRL Berubah, Catat Jadwalnya HARIANHALUAN.COM - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyesuaikan jam operasional kereta rel listrik (KRL) Commuter Line, terkait dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. Mulai Sabtu, 19 .
  • Selasa, 15 September 2020 - 08:11:19 WIB

    Sisa 2 Minggu, Bisakah Jokowi Selamatkan Ekonomi dari Resesi?

    Sisa 2 Minggu, Bisakah Jokowi Selamatkan Ekonomi dari Resesi? HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah masih berjuang menyelamatkan ekonomi RI dari jurang resesi selama masih ada waktu. Sementara kuartal III-2020 yang menjadi penentu nasib ekonomi Indonesia.
  • Senin, 14 September 2020 - 20:21:34 WIB

    Sudah Selamatkan Uang Negara, KPK Ingin Anggaran Rp1,8 Triliun di 2021

    Sudah Selamatkan Uang Negara, KPK Ingin Anggaran Rp1,8 Triliun di 2021 HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajukan penambahan anggaran dari Rp1,05 triliun menjadi Rp1,8 triliun kepada Komisi III DPR, dalam rapat pembahasan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun .
  • Senin, 14 September 2020 - 07:48:29 WIB

    Selama PSBB Ketat Jakarta, Ojol Boleh Bawa Penumpang Asalkan..

    Selama PSBB Ketat Jakarta, Ojol Boleh Bawa Penumpang Asalkan.. HARIANHALUAN.COM - DKI Jakrta memberlakukan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total yang berlalu mulai hari ini, Senin (14/9/2020). PSBB total ini akan berlangsung hingga dua pekan ke depan..
  • Jumat, 11 September 2020 - 09:22:34 WIB

    Selama PSBB Total, Begini 'Nasib' Restoran di Jakarta

    Selama PSBB Total, Begini 'Nasib' Restoran di Jakarta HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Jakarta Pusat segera memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali ke awal pada Senin (14/9) mendatang. Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengatakan, akan memberlakuka.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]