Tiga Pekerja Tambang di Sawahlunto Tewas Tertimbun Tanah


Ahad, 13 September 2020 - 13:01:13 WIB
Tiga Pekerja Tambang di Sawahlunto Tewas Tertimbun Tanah ilustrasi lubang tambang

HARIANHALUAN.COM - Tiga dari empat pekerja tambang dilaporkan meninggal dunia karena tertimbun tanah di Sawahlunto. Sedangkan, seorang pekerja lainnya dinyatakan selamat dan mengalami luka berat sehingga harus mendapat perawatan. Diketahui, tertimbunnya para pekerja tambang itu saat berada di dalam lobang tambang yang terjadi pada Sabtu (12/9/2020) dan proses evakuasi pun berlangsung hingga Minggu (13/9/2020).

Peristiwa itu kemudian dibenarkan Kapolres Kota Sawahlunto, AKBP Junaidi Nur bahwasanya para pekerja saat ini sudah berhasil dievakuasi. Namun tiga diantaranya sudah meninggal dunia. "Sementara, satu pekerja lainnya sedangkan dirawat di rumah sakit," katanya saat dihubungi wartawan.

Untuk proses evakuasi, kata dia, berlangsung sejak Sabtu kemarin. Tiga korban telah berhasil ditemukan, sementara korban terakhir ditemukan sekitar pukul 03.03 WIB dan berhasil dievakuasi pada pukul 06.00 WIB. "Untuk sementara, kecelakaan diduga karena lobang tambang runtuh sehingga menimbun seluruh pekerja. Meskipun demikian, pihaknya masih menunggu saksi ahli dari Dinas ESDM untuk menyelidiki kasus ini," terang Junaidi.

Sebelumnya, kecelakaan kerja di lobang tambang ini terjadi untuk kedua kalinya pada beberapa waktu belakangan. Pertama, peristiwa kebakaran di lobang tambang terjadi pada 25 Juni 2020. Kebakaran itu terjadi pada saat para pekerja sedang beristirahat makan siang. Meskipun selamat saat dievakuasi dari lobang tambang, namun tiga pekerja yang mengalami luka bakar serius itu akhirnya meninggal dunia setelah mendapat  perawatan di rumah sakit. (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]