Manfaatkan Lahan Bekas Tambang, Yal Yudian Raih Penghargaan Khusus KemenLHK


Ahad, 13 September 2020 - 14:16:52 WIB
Manfaatkan Lahan Bekas Tambang, Yal Yudian Raih Penghargaan Khusus KemenLHK Yal Yudian (33), penerima Penghargaan Khusus dari Kementerian Lingkungan Hidup 2020 dalam kategori Pemuda Inspiratif Lingkungan.

HARIANHALUAN.COM - Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) Republik Indonesia mengumumkan penerima penghargaan Kalpataru dan penghargaan khusus tahun 2020 dengan nomor SK.298/MENLHK/PSKL/PEG7/7/2020. Dimana, dalam SK tetsebut nama Yal Yudian, pemuda asal Kabupaten Sijunjung terpilih sebagai penerima penghargaan khusus sebagai pemuda inspiratif lingkungan mewakili Sumbar.

Selain Yal Yudian dari Kabupaten Sijunjung, Zofrawandi dari Kabupaten Solok juga terpilih sebagai penerima Kalpataru tahun 2020 kategori pembina lingkungan. Dengan memperoleh dua penghargaan lingkungan pada dua kategori di tingkat Nasional di tahun ini, dengan demikian, Sumbar yang beberapa tahun terakhir sempat absen pada penghargaan tersebut kini kembali mengukir prestasi pada penghargaan lingkungan di tingkat Nasional.  

Secara keseluruhan, KemenLHK memberikan penghargaan kepada sepuluh orang pemuda terbaik yang telah berbuat untuk lingkungan di tingkat Nasional pada tahun 2020 yang dibagi pada tiap-tiap kategori. “Alhamdulillah tahun ini kita (Sumbar) mendapat dua penghargaan dari kementrian pada dua kategori. Yakni, Kalpataru dan penghargaan khusus pemuda inspiratif lingkungan dari KemenLHK, setelah sekian lama absen atas penghargaan serupa,” tutur Kasi peningkatan kapasitas lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar Aulia Rahmadani pada wartawan, Minggu (13/9/2020).

Menurutnya, penghargaan yang diterima salah seorang perwakilan Sumbar bernama Yal Yudian memang melalui proses dan mekanisme yang berat. Namun berkat kegigihan dan keyakinan dari Yal Yudian tersebut akhirnya bisa mendapatkan penghargaan khusus bidang Pemuda Inspiratif, yang mana kegiatan yang dilakukannya bisa menginspirasi pemuda ataupun warga masyarakat lainnya.

"Penilaian dilakukan oleh Kementrian langsung. Terutama, karena Yal Yudian ini telah berbuat dan berperan aktif dalam pengolahan lahan bekas tambang untuk diolah menjadi lahan produktif,” sebutnya.

Menurutnya, Yal Yudian juga telah menggerakkan dan merangkul masyarakat. Padahal, jika dilihat dari disiplin ilmu yang dimiliki bukanlah di bidang pertanian dan itu dilakukan secara swadaya serta tidak memakai zat-zat yang berbahaya untuk pengolahan lahan yang mencapai puluhan hektar yang tersebar di Kecamatan yang ada di Kabupaten Sijunjung.

"Rencananya penyerahan penghargaan akan dilakukan pada 22 September 2020 mendatang di KemenLHK dan pihaknya juga belum tahu pasti apakah nanti akan diundur karena pandemi Covid-19 atau siapa yang akan menyerahkan, apakah oleh menteri atau Presiden langsung," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim LH Sijunjung Riki Maineldi Neri melalui Sekretaris Dinas Dainis Suryani memberikan apresiasi kepada Yal Yudian atas semangat dan dedikasinya pada bidang lingkungan, sehingga mendapatkan perhargaan khusus dari KemenLHK sebagai pemuda inspiratif lingkungan.

"Semoga dengan diraihnya penghargaan ini oleh Yal Yudian sebagai perwakilan Sumbar dari Kabupaten Sijunjung dapat terus ditingkatkan dan minimal dapat terus dipertahankan serta dapat memberikan inspirasi bagi kita semua, dalam menjaga pemanfaatan lingkungan," tuturnya.

Sebagai penerima penghargaan, Yal Yudian (33) mengatakan, upaya yang dilakukannya tersebut bukanlah berorientasi pada sebuah penghargaan dan ingin mendapatkan perhatian semata, namun hal tersebut dilakoninya dengan niat ikhlas, tulus dan berbagi ilmu dengan warga lainnya. 

“Saya tidak memandang ini hanya untuk sebuah penghargaan,  lebih kepada rasa kebersamaan untuk berbuat di tengah- tengah masyarakat. Karena saya sendiri adalah anak petani. Disisi lain, sektor pertanian memang merupakan dasar masyarakat kita untuk mendorong berbagai hal, terutama perekonomian," terang Yal Yudian yang juga pernah meraih PAGA Awards 2015 dan Pemuda Pelopor 2016 tersebut. 

Meskipun memiliki gelar akademis sebagai sarjana hukum, menurutnya dengan niat, semangat, ketulusan, keikhlasan dan ketekunan yang bisa membuatnya bergerak di bidang tersebut. “Yang jelas ini berkat semua pihak, terutama karena motivasi dan dukungan dari masyarakat serta keluarga,” ujarnya.

Selain itu, ungkapan apresiasi juga disampaikan kepada pihak terkait yang telah membantunya selama ini, hingga terpilih untuk menerima penghargaan. “Terima kasih kepada dinas Perkim-LH Sijunjung dan Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung yang telah membantu selama ini. Semoga kedepan kita bisa lebih lagi untuk berbuat ditengah masyarakat,” tambahnya. (*)

Reporter : Ogi Sunandar /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]