Waktu Pencairan Bantuan Rp 600 Ribu Gerlombang III akan Lebih Lama, Menaker Jelaskan Penyebabnya


Ahad, 13 September 2020 - 23:49:53 WIB
Waktu Pencairan Bantuan Rp 600 Ribu Gerlombang III akan Lebih Lama, Menaker Jelaskan Penyebabnya Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mencatat bantuan Rp 600 ribu/bulan berupa subsidi gaji/upah sudah masuk ke rekening 5.248.226 peserta.

Kepala Biro Humas Kemnaker Soes Hindharno menyebutkan berdasarkan data Kemnaker per 10 September 2020, realisasi penyaluran subsidi gaji batch atau gelombang 1 mencapai 2.479.261 orang atau 99,17% dari total 2,5 juta penerima. Kemudian gelombang 2 mencapai 2.768.965 orang atau 92,30% dari 3 juta penerima.

Totalnya ada 5.248.226 peserta yang bantuannya sudah masuk ke rekening. Rencananya bantuan akan diberikan kepada 15,7 juta peserta.

"Proses pencairan terus dipercepat. Namun tetap harus melalui proses cek dan ricek kembali agar tidak terjadi kesalahan data penerima sehingga program bantuan subsidi gaji ini tepat sasaran," katanya dalam keterangan pers Biro Humas Kemnaker, Minggu (13/9/2020).

Dia berharap bantuan subsidi gaji dapat dimanfaatkan secara optimal oleh para pekerja yang menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan. Bantuan ini juga diharapkan mengurangi beban para pekerja di masa pandemi COVID-19.

"Bantuan subsidi upah ini diarahankan untuk menjaga dan meningkatkan daya beli pekerja/buruh serta mendongkrak konsumsi masyarakat. Sehingga, kemudian menimbulkan multiplier effect pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Terkait pencairan subsidi upah gelombang 3, dia menjelaskan bahwa Kemnaker butuh waktu lebih lama untuk melakukan pemeriksaan data yang jumlahnya lebih besar, yakni sebanyak 3,5 juta orang calon penerima.

"Sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) kami menggunakan 4 hari kerja itu secara maksismal untuk melakukan check list terhadap data pekerja yang diserahkan oleh BPJS Ketenagakerjaan pada Selasa (8/9)," sebutnya.

Setelah dilakukan check list, data tersebut akan diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Kemudian, KPPN menyalurkan uang subsidi gaji tersebut kepada bank penyalur, yakni bank yang masuk menjadi anggota Himbara.

Selanjutnya, bank-bank Himbara akan menyalurkan uang subsidi ke rekening penerima secara langsung, baik itu rekening bank sesama bank Himbara, maupun rekening bank swasta lainnya.

Dia menambahkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, seperti KPPN, BPJS Ketenagakerjaan, bank Himbara, dan bank swasta untuk memperlancar dan mempercepat proses pencairan subsidi gaji ini.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 23 September 2020 - 15:14:35 WIB

    Ngeri, Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 Butuh Waktu Tidak Sebentar

    Ngeri, Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 Butuh Waktu Tidak Sebentar HARIANHALUAN.COM - Pada kuartal II-2020 perekonomian terkontraksi sangat dalam yakni 5,32% dan pada kuartal III ini di proyeksi akan tetap berada di zona negatif. Kondisi ini menurut Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo membua.
  • Ahad, 30 Agustus 2020 - 09:28:59 WIB

    Jangan Jual Beli di Waktu Salat Jumat, Ini Bahayanya

    Jangan Jual Beli di Waktu Salat Jumat, Ini Bahayanya HARIANHALUAN.COM - Jual beli atau muamalat merupakan salah satu cara mencari rezeki yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Tapi bagaimana hukumnya ketika jual beli tersebut dilakukan di waktu salat Jumat?.
  • Selasa, 30 Juni 2020 - 19:02:44 WIB

    Kartu ATM Bank Nagari Dalam Waktu Dekat Bisa Digunakan di Tiga Negara Asia

    Kartu ATM Bank Nagari Dalam Waktu Dekat Bisa Digunakan di Tiga Negara Asia HARIANHALUAN.COM - Satu lagi langkah maju dicapai oleh Bank Nagari. Dalam waktu dekat, kartu ATM Bank Nagari sudah bisa digunakan untuk bertransaksi di tiga negara Asia, yakni Malaysia, Korea Selatan dan Thailand..
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 15:19:52 WIB

    Ada New Normal, UMKM Butuh Waktu 3 Bulan untuk Bangkit

    Ada New Normal, UMKM Butuh Waktu 3 Bulan untuk Bangkit HARIANHALUAN.COM - Indonesia bersiap menghadapi era normal yang baru atau new normal di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Dengan adanya new normal ini, segala kegiatan bisnis seperti UMKM bakal diizinkan kembali berakti.
  • Selasa, 04 Februari 2020 - 20:21:32 WIB

    Wawako Erwin Yunaz: 'Payakumbuh The City of Randang' Perlu Waktu

    Wawako Erwin Yunaz: 'Payakumbuh The City of Randang' Perlu Waktu PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz, mengingatkan, perlu banyak upaya dan waktu untuk membuat branding Payakumbuh The City of Randang menjadi global brand. Dengan harapan meningkatkan peminat.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]