Randhika Rianza, Mahasiswa PNP Prodi Teknik Telekomunikasi Raih Juara 2 dalam Pilmapres Nasional 2020


Senin, 14 September 2020 - 06:04:25 WIB
Randhika Rianza, Mahasiswa PNP Prodi Teknik Telekomunikasi Raih Juara 2 dalam Pilmapres Nasional 2020 Randhika Rianza, mahasiswa Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi Politeknik Negeri Padang (PNP) berhasil meraih juara 2 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional 2020.

HARIANHALUAN.COM - Randhika Rianza, mahasiswa Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi Politeknik Negeri Padang (PNP) berhasil meraih juara 2 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional 2020, Sabtu (12/9/2020) lalu.

Untuk meraih gelar tersebut, Randhika harus melalui serangkaian proses. Proses pertama yakni seleksi karya ilmiah, prestasi akademik, dan prestasi nonakademik.

Selanjutnya, dia harus melakukan presentasi karya ilmiah yang disertai sesi tanya jawab dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Lazimnya seorang peserta kompetisi pada umumnya, dia merasa pesimis karena banyak rintangan. Akan tetapi perasaan itu bisa diatasi lantaran menjadi mahasiswa berprestasi tingkat nasional merupakan impiannya.

"Menjadi mawapres nasional adalah cita-cita saya sejak menjadi mahasiswa baru di PNP. Saya sudah mempersiapkannya selama 3 tahun. Ada banyak rintangan yang saya hadapi, seperti kesulitan dalam menulis karya ilmiah, dan lain-lain," tutur Randhika

Randhika menceritakan, selama seleksi Pilmapres Nasional 2020, dia melakukan 4 (empat) hal yang sangat berpengaruh dalam hidupnya. Seperti, persiapan lomba debat bahasa inggris nasional (NUDC), persiapan Pilmapres nasional, dan menulis tugas akhir untuk persiapan wisuda.

"Serta, bekerja sebagai speaking instructor disalah satu lembaga kursus bahasa Inggris di kampung Inggris, Pare, Kediri, Jawa Timur. Tentunya tidak mudah bagi saya untuk membagi waktu. Namun semua terbayar lunas," ulas Randhika.

Lantas, apa yang memotivasi terbesar hingga akhirnya Randhika terpilih meraih juara II? Dia memaparkan bahwa selama proses persiapan Pilmapres 2020, dirinya mendapat banyak dukungan, sokongan, dan pelajaran. Mulai dari pengumpulan berkas-berkas prestasi tingkat regional, nasional, maupun internasional.

"Juga mengumpulkan berkas bukti bahwa saya juga memiliki leadership skill dengan menjadi ketua divisi bahasa Inggris di UKM Bahasa PNP, dan menjadi ketua panitia dan koordinator di beberapa kegiatan UKM Bahasa PNP," ucap Randhika.

Selain meraih juara diajang bergengsi Pilmapres Nasional 2020, Randhika juga pernah merebut beberapa prestasi. Diantaranya, mengikuti pertukaran mahasiswa ke Malaysia selama 1 (satu) bulan, menjadi fasilitator pada team building di Sekolah Kebangsaan Bukit Gelugor, Penang, Malaysia.

Kemudian, menjadi 20 besar pembicara terbaik dalam lomba debat Bahasa Inggris tingkat Asia Tenggara, pembicara terbaik pada lomba debat bahasa inggris nasional (NPEO 2019), dan lain-lain.

Terakhir, Randhika juga mengucapkan terimakasih kepada Allah SWT, kedua orang tua, Bapak Yulindon, ST,M.Kom sebagai dosen pembimbing Pilmapres sekaligus dosen pembimbing II TA, pak Firdaus Nursal, ST, MT sebagai dosen pembimbing I TA saya, mom Rina Angraini sebagai pembina UKM Bahasa PNP sekaligus dosen pendamping untuk setiap event English Debate.

"Kepada seluruh dosen Teknik Telekomunikasi yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu, ketua jurusan Teknik Elektro PNP, buk Maidar, pak Surfa Yondri sebagai Direktur PNP, dan teman-teman yang telah banyak memberi dukungan serta doa. I am nothing without everyone behind me," tukasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]