PSBB Ketat Jakarta Malah Bikin Saham Mal Melesat, Kok Bisa?


Senin, 14 September 2020 - 11:14:19 WIB
PSBB Ketat Jakarta Malah Bikin Saham Mal Melesat, Kok Bisa? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ternyata PSBB Total yang digadang-gadangkan Anies tidak setotal di bayangan para pelaku usaha. Hal ini memuat emiten yang bergerak di sektor ritel maupun emiten pengelola pusat perbelanjaan alias mal dapat bernapas lega pada hari ini.

"Pasar dan pusat belanja boleh beroperasi paling banyak 50% pengunjung," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam keterangan pers di Balai Kota, Jakarta, Minggu (13/9/2020). Sontak hal ini membuat sumringah investor saham-saham mal dan ritel yang sebelumnya mengira mal akan ditutup seperti masa PSBB awal di Ibukota.

Dapat dilihat seluruh emiten pemilik pusat perbelanjaan diperdagangkan di zona hijau pada pagi hari ini. Kenaikan saham mal hari ini dipimpin oleh PT Pakuwon Jati Tbk (PWON). Emiten pengelola mal Kota Kasablanka dan Gandaria City ini berhasil melaju 5,71% ke level harga Rp 370/unit.

Meskipun sudah lolos dari lubang jarum, Ketua DPD Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen menyebutkan sejak mal dibuka 15 Juni 2020, jumlah pengunjung yang datang ke pusat belanja baru mencapai sekitar 35% hingga 40%, bahkan belum menyentuh level 50%. Keadaan itu, menurut dia, memang masih berat bagi para pelaku usaha dan juga pengelola mal.

Diketahui keputusan DKI 1 untuk tidak menutup total pusat perbelanjaan juga menjadi sentimen negatif bagi emiten peritel, sebab diketahui banyak emiten peritel yang menjadi tenant di pusat perbelanjaan sehingga apabila mal ditutup praktis peritel tidak dapat beroperasi.

Bernasib baik seperti saham mal, saham emiten peritel juga seluruhnya berhasil terbang di zona hijau.

Apresiasi saham peritel hari ini dipimpin oleh PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) yang mengoperasikan department store Ramayana. RALS berhasil melesat 4,27% ke level harga Rp 610/unit.

Selain itu kabar Pencairan Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk pegawai bergaji Rp 5 juta ke bawah pada tahap II yang digadang-gadang akan cair hari ini juga menyokong gerak harga saham ritel.

Realisasi penyaluran upah tahap I telah mencapai 2.479.261 orang atau 99,17 persen dari total penerima tahap I sebanyak 2,5 juta orang. Kemudian untuk tahap II penyalurannya telah mencapai 2.768.965 orang atau 92,30 persen dari total penerima tahap II sebanyak 3 juta orang. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 15 September 2020 - 08:16:47 WIB

    Biar Tagihan Listrik Nggak Bengkak saat PSBB, Lakukan Langkah Ini

    Biar Tagihan Listrik Nggak Bengkak saat PSBB, Lakukan Langkah Ini HARIANHALUAN.COM - PLN tetap menurunkan petugas pencatat meter listrk ke rumah pelanggan pascabayar selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta yang diperketat mulai 14 September 2020..
  • Jumat, 11 September 2020 - 17:30:25 WIB

    PSBB Total Jakarta, Tidak akan Berdampak Besar pada UMKM

    PSBB Total Jakarta, Tidak akan Berdampak Besar pada UMKM HARIANHALUAN.COM - UMKM dinilai lebih cepat recovery dan optimisme tinggi di masa sulit, termasuk menghadapi rencana penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara total di Jakarta. Rencana tersebut bahkan dinilai t.
  • Jumat, 11 September 2020 - 12:30:19 WIB

    Analis Sebut PSBB Jakarta Tak Pengaruhi Harga Emas, Diproyeksi Bakal Mentok Segini

    Analis Sebut PSBB Jakarta Tak Pengaruhi Harga Emas, Diproyeksi Bakal Mentok Segini HARIANHALUAN.COM - Sejumlah analis menilai pemberlakukan PSBB Jakarta tak bakal banyak mempengaruhi harga emas. Harga emas disebut bakal tetap mengikuti tren emas internasional yang sedang melemah..
  • Rabu, 10 Juni 2020 - 15:32:40 WIB

    Masa PSBB Transisi, Pasar Raya Padang Mulai Bergairah

    Masa PSBB Transisi, Pasar Raya Padang Mulai Bergairah HARIANHALUAN.COM -- Sudah 3 (tiga) hari ini Kota Padang tengah menuju masa transisi, aktivitas jual beli di Pasar Raya Padang, mulai bergairah. Dari pantauan di lapangan, terlihat toko-toko di Pasar Raya Padang, telah mulai b.
  • Senin, 25 Mei 2020 - 14:12:51 WIB

    PSBB DKI Selesai 4 Juni, Mal Bersiap Buka Lagi

    PSBB DKI Selesai 4 Juni, Mal Bersiap Buka Lagi HARIANHALUAN.COM - Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) DKI Jakarta, Ellen Hidayat mengatakan mal-mal bisa operasional kembali 5 Juni 2020. Hal itu karena pembatasan sosial bers.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]